Sabtu 06 Nov 2010 04:27 WIB

Dampak Merapi, Presiden Batal Lepas Kontingen Asian Games

Presiden SBY di Hanoi
Foto: Antara
Presiden SBY di Hanoi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) batal melakukan pelepasan kontingen Asian Games yang diagendakan pada Jumat sore (5/11) di Istana Negara. SBY memilih memusatkan perhatian pada dampak letusan Gunung Merapi.

"Beliau untuk sementara akan berkantor di Yogyakarta. Karena itu beliau membatalkan untuk bertemu muka dan melepas kontingen Asian Games," ujar Menegpora Andi Mallarangeng di Jakarta, Jumat (5/11).

Hal itu dikatakan Menegpora saat melakukan pengukuhan Kontingen Asian Games yang berkekuatan 296 atlet dan ofisial yang akan berlaga di Guangzhou Cina mulai 12 November mendatang di Gedung Serba Guna Senayan, Jakarta.

Mengenai pembatalan pelepasan kontingen oleh Presiden, Andi menganggap hal itu hanya sebagai 'penundaan' semata, meski belum bisa dipastikan kapan presiden akan melakukan tatap muka dengan para atlet sebelum berlaga di Guangzhou.

"Anggaplah ini hanya sebagai penundaan. Tapi meski begitu kami juga belum mengetahui bilamana Presiden SBY akan bertatap muka dengan para atlet, sebab agenda beliau demikian padat. Selain berkonsentrasi ke musibah Merapi, Presiden SBY juga akan kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan banyak agenda lainnya. Jadi kami belum bisa memastikan hal itu," papar Andi.

Dalam pidato tanpa teks di hadapan kontingen Indonesia, Andi menyampaikan pesan dari Presiden SBY bahwa keberangkatan kontingen Indonesia ke Asian Games berlangsung di tengah keprihatinan bangsa terkait berbagai musibah bencana meletusnya gunung Merapi, tsunami di Mentawai, dan sebelumnya bencana banjir di Wasior Papua.

"Ini kenyataan yang harus kita hadapi bersama. Tapi tekad dan semangat untuk mengibarkan Merah Putih justru harus semakin kuat. Apa yang bisa saudara-saudara bisa berikan untuk menghibur saudara-saudara kita yang tengah terkenca bencana?" cetus Andi.

Andi juga meminta kepada seluruh kontingen Indonesia untuk mengambil pelajaran penting dari Asian Games dan setelah itu langsung bersiap kembali untuk menghadapi SEA Games tahun 2011 karena Indonesia sebagai tuan rumah.

Kontingen Indonesia akan berangkat ke Guangzhou pada 10 November mendatang. Sedangkan Menegpora rencananya akan berangkat pada 11 November.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement