Ahad 07 Nov 2010 04:05 WIB

Ivanovic Melaju ke Final

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Djibril Muhammad
Petenis Serbia Ana Ivanovic
Petenis Serbia Ana Ivanovic

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA--Petenis Serbia Ana Ivanovic menjadi petenis pertama yang melenggang ke partai final Commonwealth Bank Tournament of Champions yang berlangsung di Nusa Dua, Bali. Tiket final diperoleh Ivanovic setelah mengalahkan petenis Jepang Kimiko Date-Krumm 7-5 ; 6-7 ; 6-2 dalam partai perdana pada Sabtu (6/11).

Commonwealth Bank Tournament of Champions berlangsung 4-7 November, diikuti 8 petenis putri terbaik dunia, dengan hadiah total 600.000 dolar Amerika. Sebelum mengalahkan Kimiko, Ivanovic mengalahkan petenis Rusia Anastasia Pavlyuchenkova. Pertemuan Ivanovic dan Kimiko di Bali adalah pertemuan pertama kedua petenis itu.

Kemenangan petenis berusia 23 tahun itu kemarin, diperoleh melalui perjuangan berat, apalagi Kimiko sebelumnya sesumbar mengalahkan Ivanovic yang pada Sabtu kemarin berulang tahun yang ke-23. Petenis gaek berusia 40 tahun itu berjuang habis-habisan untuk mengalahkan Ivanovic. Tapi di usianya yang yang telah berkepala 4, tenaga Kimiko cepat terkuras dan dia harus mengakui keunggulan Ivanovic.

"Saya sudah berusaha fokus, tetapi saya kelelahan, iya saya akhirnya kalah," kata Kimiko dalam jumpa wartawan.

Sejak set pertama dimulai, Kimiko langsung memimpin perolehan angka hingga 5-3, bahkan beberapa kali dia mendikte Ivanovic. Tapi petenis Serbia itu berusaha bangkit dan akhirnya meninggalkan Krumm dengan angka 6-5 dan akhirnya 7-5.

Di set kedua, Ivanovic semakin percaya diri dan dia berhasil menjaga penampilannya, hingga dia memimpin perolehan angka menjadi 6-5. Tapi lagi-lagi Kimiko menyamakan kedudukan menjadi 6-6 danet kedua diakhiri dengan tie break yang akhirnya dimenangkan Kimiko.

Sementara itu dalam set ketiga, Ivanovic nyaris tak mendapat perlawanan berarti dari Kimiko. Bahkan Ivanovic berani memainkan bola-bola sulit Kimiko dengan kembalian melambung dan lagi-lagi Kimiko yang kelihatan kelelahan tidak mampu mengeksekusi boleh-bola Ivanovic yang seharusnya bisa memberinya poin.

Menurut petenis Jepang yang seangakatan dengan petenis nasional Yayuk Basuki itu, Ivanovic memiliki pukulan yang cukup keras dan permainannya sangat licah. Dia juga menilai Ivanovic sebagai petenis yang cepat memperbaiki kekeliruan-kekeliruannya. Karena itu menurut Kimiko, Ivanovic wajar memenangkan pertandingan itu.

Berbeda dengan Kimiko yang menunjukkan raut kekecewaan akankekalahannya, Ivanovic justru tampil cerah di media centre. Apalagi begitu dia masuk ruang jumpa pers, para wartawan langsung menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Ivanovic. Dia sempat tersipu malu dengan sambutan itu, kemudian mengucapkan “terimakasih”.

Menurut Ivanovic, partainya melawan Kimiko cukup berat dan menguras tenaga, apalagi akunya, Kimiko memiliki pukulan forehand yang sangat keras dan bermain sangat ulet. Tapi kata Ivanovic, dia berusaha mengimbangi permainan Kimiko, hingga akhirnya dia menang. "Saya beberapa kali melakukan kesalahan, tapi saya berhasil memperbaikinya," katanya.

Mengenai partai final yang akan berlangsung hari Ahad ini, Ivanovic menyatakan akan bermain dengan baik. Dia menyatakan, sapa p[un lawan yang dihadapinya, sama-sama memiliki peluang untuk memenangkan pertandingan.(aas)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement