Selasa 09 Nov 2010 09:23 WIB

Indonesia Targetkan Perbaiki Peringkat di Asian Games Guangzhou

Rep: Ratna Puspita/ Red: Arif Supriyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Atlet-atlet Indonesia dalam kondisi siap tempur menghadapi Asian Games yang digelar di Guangzhou, Cina, 12 - 27 November mendatang. Pasukan Merah-Putih akan bertolak ke Negeri Tirai Bambu, Rabu (10/11) besok.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Rita Subowo, mengatakan Indonesia diharapkan akan mampu memperbaiki hasil yang diraih pada Asian Games di Doha, Qatar empat tahun lalu. Pada pesta olahraga antarnegara  Asia 2006 silam, Indonesia hanya membawa pulang dua emas dan berada di peringkat 21 dari 45 negara peserta.

"Target kita adalah memperbaiki peringkat sekaligus proyeksi untuk SEA Games tahun depan. Persiapan tidak ada masalah meski programnya baru datang di pertengahan," kata di Jakarta, Senin (8/11). Rombongan besar kontingan akan berangkat ke Guangzhou besok. Kecuali, enam cabang yang melakukan latihan di luar negeri, seperti loncat indah di Cina, angkat besi di Rumania, dan gulat Korea Selatan.

Kontingen Indonesia terdiri dari 212 atlet dan akan berpartisipasi di 24 cabang. Namun, Indonesia hanya membidik empat medali emas dengan tujuh cabang olahraga yang mempunyai kans mendulang medali emas. Rita menyebutkan, tujuh cabang olahraga tersebut, yaitu boling, wushu, karate, perahu naga (dragon boat), voli pantai, angkat besi, serta cabang andalan Indonesia: bulu tangkis.

Indonesia akan mengandalkan Jintar Simanjuntak di cabang Karate dan Eko Yuli Irawan di cabang angkat besi. Taufik akan menjadi andalan di cabang bulu tangkis, sedangkan boling akan mengandalkan Ryan Lalisang.

"Taufik adalah penyumbang emas di Doha. Di boling, Ryan juga meraih menyumbang medali emas empat tahun lalu. Keduanya diharapkan akan mampu mengulang prestasinya di Guangzhou. Untuk Wushu, Susiana yang mendapat perak di Doha, kita harap akan mendapatkan emas," kata Rita.

Sementara untuk 17 cabang lainnya yang dikirim ke Asian Games, Chef de Mission (CdM) Asian Games Indonesia, Tono Suratman, menuturkan cabang-cabang yang dikirim ke Asian Games memiliki peluang untuk meraih medali, meski bukan emas. Selain itu, Asian Games menjadi persiapan para atlet untuk menghadapi SEA Games yang digelar di Indonesia tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement