Rabu 10 Nov 2010 05:54 WIB
Dampak Merapi

Jadwal Laga Uji Coba Timnas Indonesia Berantakan

Rep: Israr/ Red: Endro Yuwanto
Timnas Indonesia
Timnas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Bencana letusan gunung Merapi ternyata berimbas terhadap persiapan timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2010. Dua negara calon lawan timnas bulan ini, Filipina dan Hongkong, membatalkan kedatangannya.

Timnas sebelumnya dijadwalkan menghadapi Filipina pada 16 November dan Hongkong 21 November. Satu lawan lagi yaitu Cina Taipei hingga saat ini masih menyatakan kesediaan tampil pada 24 November nanti.

"Kami masih mencari lawan untuk dua tanggal itu. Uji coba itu sangat penting untuk melihat perkembangan permainan tim," ujar pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, Selasa (9/11).

Riedl mengatakan, ia tidak mau beruji coba dengan klub-klub lokal karena terlalu riskan untuk pemain timnas. Dari pengalaman sebelumnya, melawan Pro Duta dan Persita Tangerang, ada pemain timnas yang cedera.

"Saya lebih suka jika melawan tim-tim Jepang dan Korea Selatan. Tapi itu juga sulit karena waktunya mepet," ucap Riedl.

Meski mengganggu programnya, Riedl tidak mengeluh. Menurutnya, masalah yang dihadapinya tidak sebanding dengan masalah yang dihadapi korban bencana. "Masalah ini hanya kecil saja jika dibandingkan dengan mereka yang di Merapi sana. Masalah mereka jauh lebih besar,'' jelasnya.

Dengan waktu kurang dari sebulan, Riedl mengatakan, tidak bisa berbuat banyak hal. Ia hanya akan memoles teknik karena kondisi fisik para pemain rentan cedera.

Deputi Bidang Teknis Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Iman Arif, membenarkan ucapan Riedl. Iman malah menambahkan jika laga lawan Cina Taipei bisa juga urung digelar.

"Last minute mereka bisa membatalkan. Tampaknya ada kekhawatiran dari tiga negara itu terhadap Gunung Merapi," kata Iman lewat pesan singkatnya kepada wartawan.

Dalam latihan di lapangan latihan timnas, Senayan, Selasa dua penyerang, Boaz Solossa dan Cristian Alfaro Gonzales, masih belum bergabung. Begitu pula dengan Octovianus Maniani. Dua nama pertama direncanakan datang Rabu (10/11) sementara Octo keesokan harinya. Sedangkan Firman Utina sudah bergabung.

Hariono belum berlatih karena demam sementara Eka Ramdani hanya berlatih di Hotel Sultan. Eka mengalami cedera lutut kiri. "Kondisi Eka 90 persen dan kami akan lihat kondisinya besok," kata Mathias Ibo, fisioterapis timnas.

Irfan Bachdim dan Zulkifli Syukur hadir di sesi latihan sore. Namun keduanya hanya duduk di pinggir lapangan. Menurut Mathias, Irfan dan Zulkifli mengalami gangguan lutut.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 6 5 1 0 7 5 16
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 6 4 2 0 10 7 14
3 Persib Bandung Persib Bandung 6 3 3 0 11 6 12
4 Bali United Bali United 6 3 2 1 9 5 11
5 PSM Makassar PSM Makassar 6 3 2 1 8 5 11
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement