Jumat 12 Nov 2010 06:45 WIB
Dampak Merapi

Lokasi Piala AFF 2010 Berpotensi Dipindah

Rep: Israr/ Red: Endro Yuwanto
Piala AFF
Piala AFF

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kondisi Gunung Merapi yang masih belum menentu ternyata berpengaruh terhadap penyelenggaraan Piala ASEAN Football Federation (AFF) 2010, Desember mendatang. Indonesia kemungkinan bisa dicoret sebagai tuan rumah jika ada keberatan dari pihak peserta.

Indonesia menjadi tuan rumah bersama Vietnam dan menggelar laga Grup A yang diisi Thailand, Malaysia, Laos, dan Indonesia.

“Kondisi sekarang masuk dalam force majeur. Sejumlah penerbangan dari luar membatalkan kedatangan ke Jakarta hingga hari ini. Jika ada keberatan dari tim peserta yang disampaikan ke AFF kemungkinan untuk pindah itu terbuka,” kata Iman Arif, Deputi Bidang Teknis Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, di Senayan, Kamis (11/11).

Iman berharap kondisi Merapi terus stabil dan sejumlah penerbangan dari luar negeri bisa berjalan teratur. Sebab pemindahan venue ke negara lain akan mengurangi peluang Indonesia untuk menjuarai even sepak bola negara-negara Asia Tenggara ini. Apalagi opsi pemindahan tempat penyelenggaraan ke kota lain juga sulit terwujud karena penerbangan internasional terpusat di Jakarta.

Sejauh ini, kata Iman, Thailand, Malaysia, dan Laos berminat menjadi tuan rumah. Namun belum satu pun negara itu mengirimkan surat keberatan kepada AFF. “Kita berharap itu jangan sampai terjadi,” kata dia.

Sementara itu, jadwal uji coba timnas Indonesia masih belum menentu. Iman mengaku memiliki opsi mempertemukan timnas dengan klub Korea Selatan, Suwon Samsung Bluewing, dan klub Jepang, Urawa Red Diamond.

“Dua klub tersebut menawarkan diri untuk melakukan uji coba tanpa perlu membayar match fee. Tapi kami masih mempertimbangkan karena hasil pertandingan tidak akan mendapat nilai karena melawan klub, bukan timnas,” jelas Iman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement