Jumat 26 Nov 2010 07:37 WIB

Thailand Tetap Jadi Unggulan di Piala AFF

Rep: Israr/ Red: Arif Supriyono
Piala AFF
Piala AFF

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-–Kiper utama kesebelasan Thailand, Kawin Thamsatchanan, kemungkinan tidak akan memperkuat timnya di pertandingan Grup A Piala AFF (ASEAN Football Federation) 2010 yang akan dimulai 1 Desember di Jakarta. Seperti dirilis situs resmi Piala AFF 2010, Kawin mengalami cedera tangan saat latihan menjelang pertandingan melawan Turkmenistan di Asian Games 2010 Guangzhou.

Kawin adalah kiper juara Liga Primer Thailand, Muang Thong United. Ia memulai kariernya di Kings Cup 2010 dan membuat pelatih Thailand asal Inggris, Bryan Robson, terkesan. Selain menjadi pilihan pertama di skuat Thailand, Robson juga berupaya agar kiper bertinggi 182 cm ini mengikuti tes di Manchester United.

Walau kehilangan Kawin, Robson memiliki sejumlah pengganti sepadan, di antaranya Sinthaweechai ‘Kosin’ Hathairattanakool. Kosin sangat akrab bagi penggemar sepak bola Indonesia, khususnya di Jawa Barat, karena pernah memperkuat Persib Bandung di Liga Super Indonesia musim lalu. Kosin sudah mengoleksi 54 laga untuk timnas Thailand.

Thailand akan menghadapi Laos pada laga pembuka di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 1 Desember. Tiga hari berselang, skuat Bobby Robson akan ditantang Malaysia. Laga terakhir mempertemukan Thailand dengan Indonesia pada 7 Desember.

Thailand menjadi favorit kuat menjuarai Piala AFF 2010 karena mempersiapkan tim dengan sangat baik. Mereka melakukan sejumlah uji coba berkelas, di antaranya dengan timnas Polandia, Afrika Selatan, dan klub Inggris, Leicester City.

Berlaga di Asian Games memberikan keuntungan bagi Thailand. Ini karena striker Teerasil Dangda dan sejumlah pemain senior yang memperkuat tim U-23 di Asian Games, yaitu Nattaporn Phanrit, Suttinun Phukhom dan Datsakorn Thonglao, juga bermain di Piala AFF.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement