Rabu 01 Dec 2010 07:45 WIB

Alonso Perkirakan Hanya Empat Tim F1 yang akan Bersaing

Rep: Ratna Puspita/ Red: Arif Supriyono
Fernando Alonso
Fernando Alonso

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Pebalap Fernando Alonso memprediksikan empat tim akan bersaing ketat untuk meraih juara dunia pada musim 2011. Juara dunia dua kali balap mobil formula 1 (F1) itu menyebutkan, Mercedes akan bersaing ketat dengan Red Bull Racing, McLaren, Ferrari pada musim 2011.

Pada musim 2009, ketika masih berlabel Brawn GP, tim asal Jerman tersebut berhasil merebut gelar juara. Namun, tim yang dipimpin Ross Brawn tersebut gagal memetik satu kemenangan pun musim lalu meski sudah membuat Michael Schumacher mengakhiri masa pensiunnya.

Alonso menambahkan akan terjadi perubahan peta kekuatan musim depan. "Saya sudah tidak sabar untuk memulai musim baru. Saya prediksikan empat tim: Mercedes, Ferrari, McLaren, dan Red Bull  akan bersaing di posisi teratas," tutur pebalap Ferrari asal Spanyol tersebut sebagaimana dikutip BBC.

Balapan musim lalu ditentukan hingga sirkit terakhir di Abu Dhabi. Sayangnya, Alonso hanya berhasil menjadi runner-up setelah timnya melakukan kesalahan yang membuat pebalap Red Bull, Sebastian Vettel, memastikan gelar juara dunia.

Pada seri terakhir tersebut, Ferrari melakukan kekeliruan dengan strategi pit stop yang terlalu cepat ketika Alonso tengah berada di posisi keempat, posisi yang dibutuhkan untuk memenangi juara dunia. Pit stop tersebut membuat pebalap berusia 29 tahun tersebut gagal merangsek ke posisi semula dan finis di urutan ketujuh, sedangkan Vettel memenangi balapan. Namun, Alonso mengatakan, tidak menyalahkan timnya.

"Saya bangga dengan apa yang sudah Scuderia lakukan dan raih musim ini. Pada tahun di mana Anda tak punya mobil terbaik, kami memasuki balapan terakhir masih dengan memiliki peluang meraih gelar, setelah berjuang keras untuk melakukan perbaikan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement