Jumat 03 Dec 2010 08:08 WIB
Piala AFF

Singapura Ditahan Filipina, 1-1

Rep: ratna puspita/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,HANOI -- Sebuah gol dari Joel Ballo-Allo di perpanjangan waktu menyelamatkan Filipina dari kekalahan ketika menghadapi Singapura di penyisihan Grup B Piala AFF, Kamis (2/12). Tim asuhan Simon McMemeny tersebut berhasil menahan imbang juara Piala AFF tiga kali tersebut, 1-1.

Aleksandar Duric berhasil membuka gol dan membawa Singapura unggul 1-0 pada menit ke-65. Namun, para pemain Filipina akhirnya menyamakan kedudukan setelah pada masa injury time, Joel Ballo-Allo sukses mencetak gol balasan.

Bertanding stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Kamis (2/12), The Lions tampil agresif dan kerap mendapatkan peluang emas. Namun, Filipina yang banyak diisi pemain naturalisasi melakukan penjagaan dengan ketat di daerah pertahanannya mampu membendung serangan anak-anak asuhan Radojko Avramovic.

Selain itu, penyelesaian yang terburu-buru dari Noh Alam Shah dkk juga membuat Singapura kerap gagal memanfaatkan peluang emas. Pada menit delapan, Alam Shah mendapat peluang ketika kiper Filipina, Neil Etheridge, gagal menangkap bola dengan sempurna.

Alam Shah yang berada di depan kiper langsung menyambar bola tersebut, sayangnya bola tersebut masih belum merobek jala Filipina. Pada menit ke-16, tendangan penyerang Arema Malang tersebut berhasil digagalkan Etheridge dan hanya membuahkan tendangan penjuru.

Pada menit ke-40, giliran Indra bin Daud Sahdan yang gagal mencetak gol. Setelah membangun serangan dari sisi kanan gawang lawan, tendangan Indra masih mampu dihalau bek Filipina, Anton Del Rosario, yang berada tepat di depan gawang.

Filipina juga kerap mendapat peluang yang membahayakan gawang Singapura melalui serangan baliknya. Namun, serangan yang dibangun Filipina masih dapat dimentahkan Daniel Bennett dkk. Kedudukan 0-0 pun bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Filipina tampil lebih percaya diri dan mulai berani mengambil inisiatif menyerang. Berulang kali Ian Araneta dkk berusaha melakukan tekanan ke jantung pertahanan Singapura, namun The Lions mampu menggagalkannya.

Singapura juga terus berupaya memecah kebuntuan, namun tetapi tendangan para pemainnya masih jauh dari sasaran. Gol tersebut akhirnya datang di menit 64 ketika Duric menanduk umpan matang yang disodorkan Alam Shah untuk membawa Singapura unggul 1-0.

Dalam kondisi unggul, para pemain Singapura tetap berusaha mempertahankan keunggulan mereka dengan memainkan bola-bola pendek dan mencari gol tambahan. Namun, pertahanan mereka justru kebobolan di menit terakhir injury time. Ballo-Allo menjebol gawang Singapura yang dikawal Hassan Sunny untuk menyamakan kedudukan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement