Kamis 23 Dec 2010 05:36 WIB
Final Piala AFF 2010

Sejumlah Suporter Malaysia Berencana Hina Indonesia Raya

Rep: abdullah sammy/ Red: Krisman Purwoko
Indonesia Malaysia
Indonesia Malaysia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—-Sejumlah oknum yang mengaku suporter tim Malaysia berencana melakukan tindak penghinaan terhadap lagu kebangsaan Indonesia Raya. Rencana ini akan dilakukan ketika tim sepak bola Malaysia menjamu Indonesia di final Piala AFF di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur (26/12).

Rencana tercela ini terkuat di laman online Malaysia, Topix.com. Seorang yang mengaku suporter tim Jiran mengatakan, rencana menghina lagu Indonesia Raya merupakan bentuk balasan atas apa yang dilakukan suporter merah-putih di Gelora Bung Karno.

“Indon akan merasakan bagaimana rasanya lagu indonsial raya kalian dihina secara langsung dan disaksikan oleh jutaan rakyat kalian. tunggu ya..kehkehkeh,” ujar oknum yang memakai nama inisial Mr F itu.

Tulisan bernada provokatif ini mendapat respon keras dari ribuan masyarakat Indonesia. Sejumlah pihak bahkan mengancam akan melakukan aksi balasan bila rencana ini terlaksana. “Jika berani melakukan itu, maka ada pembalasannya,” ujar salah satu WNI di situs Topix.

Aksi ini makin memperpanas tensi jelang pertandingan antara dua negara. Tak cuma tulisan yang berisi wacana untuk menghina Indonesia Raya, sejumlah tulisan lain di situs itu turut memperpanas perang pendukung timnas Indonesia vs Malasyia yang kini berlangsung di dunia maya.

Salah satu tulisan yang dibuat pendukung merah-putih berisi klaim jika Indonesia akan memenangkan pertandingan dengan skor 8-0. “Gak usah ladenin mereka. Kita akan ajari mereka sepak bola. 8-0 cukuplah untuk Indonesia,” tulis seorang dengan inisial nama IndonesiaJaya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement