Jumat 24 Dec 2010 00:30 WIB
Final Piala AAF 2010

Dukung Timnas Indonesia, UI Gelar Seribu Tanda Tangan

Rep: C23/ Red: Djibril Muhammad
Timnas Indonesia
Foto: antara
Timnas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Tidak mau kalah dengan gegap gempita untuk mendukung Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang akan berlaga di final Piala AFF, Universitas Indonesia (UI) menggelar 1.000 tanda tangan untuk mendukung Timnas Indonesia, Kamis (23/12) pagi. Ribuan tanda tangan itu dibubuhkan di atas kain putih sepanjang lima meter yang digelar di tiga titik di UI Depok yaitu Stasiun UI, Bundaran Gedung Rektorat UI dan Fakultas Ekonomi UI.

Berdasarkan pantauan Republika, acara tersebut disambut antusias, meski di UI tengah diadakan Ujian Akhir Semester (UAS). Dari mahasiswa, dosen, pegawai hingga para petinggi UI dan masyarakat sekitar ikut ambil bagian dalam membubuhkan tanda tangan di selembar kain putih itu. Gerakan dukung Tim ‘Garuda di Dadaku’ merupakan kerjasama Koran Bola Hattric dengan UI.

Selain tanda tangan, mereka juga menuliskan harapannya di kain tersebut. Sebagian besar, mereka berharap dukungan yang diberikan dapat menyemangati Tim Garuda saat melawan Tim Malaysia yang akan digelar di Stadion Bukit Jalil, untuk laga pertama pada Ahad (26/12) mendatang. Ribuan tanda tangan mereka sangat berarti bagi Tim Nasional Indonesia. Ini menandakan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pemain. Para suporter berharap Timnas mampu mengalahkan Tim Malaysia.

"Walaupun tidak ikut nonton secara langsung, tapi saya tetap dukung Tim Garuda. Saya yakin Tim Garuda bisa menaklukan Mayasia. Permainan mereka jauh lebih baik sekarang," kata Dicky Irhamsyah, mahasiswa jurusan komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI usai memberikan dukungan bagi Tim Nasional di Stasiun UI, Depok.

 

Mahasiswa semeter tiga ini berahap nama Indonesia dapat terangkat lagi di kancah internasional, terutama dalam hal olahraga. Menurut dia, ini sebagai pembuktian keberadaan Indonesia di mata Malaysia. Dirinya optimis Tim Nasional mampu mencetak gol indah nanti dengan skor 2-1. "Menang tipis saja sudah cukup. Saya yakin untuk di laga kedua di Gelora Bung Karno, Indonesia bisa menang telak," tutur Dicky.

Kepala Kantor Komunikasi Informasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI, Hesty Apriani mengatakan acara tersebut sebagai bentuk dukungan bagi Tim Nasional untuk berlaga di Malaysia nanti. Menurutnya, permainan Tim Nasional arahan Alfred Riedl jauh lebih berkualitas. Artinya, sambung dia, gol-gol yang selama ini dicetak Christian Gonzales membuktikan Indonesia mampu berprestasi di dunia sepak bola. Ditambah lagi, ujarnya, Tim Nasional diperkuat

dengan Oktovianus Maniani dan Firman Utina menambah ‘cantik’ permainan tim. "Pelatihnya sangat tegas dan profesional. Dan pemian juga memiliki kemampuan yang baik. Indonsia pasti menang 3-1 di Malaysia nanti," ujarnya.

Terpisah, Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, juga ikut memberikan dukungan kepada Tim Garuda. Kendati tidak hobi bola, dirinya tetap ikut menyemangati tim. Ia pun ikut memprediksi skor pada final pertama nanti diperkirakan 2-0 untuk Indonesia, sedangkan final 2 yaitu 2-1. "Indonesia harus menjadi pemenang nanti. Membawa piala kemenangan ke tanah air," pungkas anak dari mantan Menteri Pertahanan, Juwono Sudarsono, itu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement