Rabu 29 Dec 2010 07:03 WIB
Final Piala AFF 2010

Dokter Malaysia Bela Fans Timnas, Bilang Sinar Laser Tak Bahaya

Suporter Malaysia menembakan sinar laser
Foto: pssi football
Suporter Malaysia menembakan sinar laser

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR--Media Malaysia mengangkat berita terlalu berlebihan kecemasan Indonesia akan sinar laser yang digunakan fans Timnas mereka saat berlaga di Malaysia. Menurut dokter setempat yang diwawancara kantor berita  Bernama, sinar laser itu hanya berbahaya bila  langsung diarahkan ke mata. "Atau sinar laser yang digunakan untuk operasi, ini memang berbahaya," ujar  dokter mata Malaysia, Dr Zahimi Chik.

Lampu hanya akan mempengaruhi retina mata jika menggebrak makula, titik visual dari mata, katanya. "Namun, cahaya dari pointer laser yang digunakan oleh banyak orang saat itu tidak berbahaya, kecuali jika digunakan dalam jarak dekat," katanya.

Dia menambahkan bahwa sinar laser biasa tersedia di pasar tidak berbahaya kecuali digunakan dalam jarak yang sangat dekat.

Dia mengomentari tuduhan oleh pemain Indonesia pada Asean Football Federation (AFF) Suzuki Cup final pertandingan leg pertama  bahwa mereka terganggu oleh lampu laser yang ditunjukkan oleh beberapa pendukung Malaysia selama pertandingan. "Jika Anda ingin  sinar laser yang kuat, Anda akan menghabiskan jutaan ringgit untuk membeli peralatan itu," tambahnya.

Menurut Dr Zahimi, sinar laser hanya akan mempengaruhi penglihatan para pemain jika mereka menunjukkannya langsung pada mata mereka selama beberapa menit dan ini tidak mungkin karena para pemain terus bergerak selama pertandingan.

sumber : The Star
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement