Kamis 06 Jan 2011 08:29 WIB
Nasib Irfan Bachdim di Timnas

Irfan Bachdim? Tidak Terlalu Istimewa

Rep: Fernan Rahadi/ Red: Didi Purwadi
Irfan Bachdim
Foto: Republika/Erik Purnama Putra
Irfan Bachdim

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA  --  Mantan pemain timnas Indonesia, Yeyen Tumena, menilai tidak ada yang istimewa dari penampilan striker Irfan Bachdim saat membela timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Manajer Badan Pembinaan dan Pengembangan Pemain Usia Muda (BPPUM) PSSI ini justru menyebut Muhammad Ridwan dan Mohammad Nasuha sebagai dua pemain terbaik timnas Merah Putih.

Oktovianus Maniani, menurut pendapat Yeyen, juga tidak terlalu spesial karena penampilannya kurang konsisten. Padahal kolumnis ESPN, John Duerder, menempatkan Oktovianus dalam daftar 10 pemain Asia yang layak bermain di liga Eropa.

"Permainan Okto sangat enak dilihat saat dia menusuk di sisi kiri. Dengan usia yang baru 20 tahun, dia masih bisa berkembang," tulis Duerden. "Namun, jika Ryan Giggs Indonesia ini ingin menyamai pemain aslinya, dia harus menambah kecepatannya serta dilengkapi dengan penyelesaian akhir yang akurat."

Kembali ke Irfan, Yeyen menilai striker Persema Malang itu tidak luar biasa. "Secara statistik, Irfan sebenarnya tidak terlalu istimewa. Kita lihat saja berapa kali Indonesia menang saat ia bermain," ujar Yeyen berargumen.

Irfan dan pemain naturalisasi dari Jerman, Kim Jeffrey Kurniawan, memutuskan menekan kontrak dengan Persema. Seorang sumber Persema menyebutkan kontrak Irfan mencapai Rp 1,5 milyar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement