Selasa 11 Jan 2011 14:02 WIB

Kalahkan Dua Spanyol, Jose Mourinho Pelatih Terbaik Dunia 2010

Jose Mourinho
Foto: footballspotlite.com
Jose Mourinho

REPUBLIKA.CO.ID,ZURICH -- Jose Mourinho, pelatih kontroversial asal Portugal, berhasil menyabet penghargaan FIFA Ballon D'or 2010 dalam kategori pelatih terbaik. Manajer Real Madrid itu mengalahkan dua pelatih asal Spanyol, yakni Vicente Del Bosque dan Josep Guardiola.

Musim 2009/2010 memang menjadi musimnya Mourinho. Mantan pelatih Chelsea itu sukses membawa Inter Milan meraih treble winner. Pelatih yang menjuluki dirinya The Special One itu membawa Inter Milan juara Liga Champions setelah menantikannya selama 45 tahun. Dia juga menghantarkan Inter Milan meraih juara Seria A Italia dan Copa Italia.

Mourinho mengalahkan Del Bosque yang sempat difavoritkan karena keberhasilannya membawa timnas Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Itu pertama kali Spanyol menjadi juara dunia selama 8o tahun keikutsertaannya dalam Piala Dunia.

Mourinho juga menyisihkan Guardiola yang setahun sebelumnya sukses meraih berbagai gelar bersama Barcelona. Pada musim 2009/2010, Guardiola masih mampu mempersembahkan gelar La Liga Spanyol bagi Barcelona dengan torehan 99 poin dari 38 pertandingan. Posisinya hanya terpaut tiga angka dari Real Madrid yang saat itu belum diarsiteki Mourinho.

Tapi, Guardiola gagal membawa Barcelona mempertahankan gelar Liga Champions. Skuat Josep Guardiola kalah dari skuat Jose Mourinho di babak semifinal.

sumber : goal
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement