Rabu 12 Jan 2011 03:51 WIB

Raih FIFA Ballon D'or 2010, Lionel Messi Digugat

Lionel Messi
Foto: antara/reuters
Lionel Messi

REPUBLIKA.CO.ID,ZURICH -- Ternyata tidak semua sepakat jika Lionel Messi, striker Barcelona dan timnas Argentina, meraih penghargaan FIFA Ballon D'or 2010 sebagai pemain terbaik dunia. Sejumlah pemain bintang menilai Messi tidak pantas menyandang gelar sebagai pemain terbaik 2010.

Dua mantan rekan Messi, Zlatan Ibrahimovic dan Samuel Eto'o, merupakan pemain bintang yang tidak sepakat jika penghargaan FIFA Ballon D'or 2010 jatuh ke tangan Messi. Sebagai kapten timnas Swedia, Ibrahimovic yang kini memperkuat AC Milan itu tidak memakai hak suaranya untuk memilih Messi. Begitu pula Eto'o yang mendapat hak suara sebagai kapten timnas Kamerun.

Iker Casillas, kapten timnas Spanyol yang memperkuat Real Madrid, juga memberikan 'cek kosong' untuk Messi. Cristiano Ronaldo, rekan Casillas di Real Madrid yang merupakan kapten timnas Portugal, juga masuk dalam barisan yang tidak sepakat memilih Messi.

Bahkan, Messi dinilai tidak pantas masuk finalis FIFA Ballon D'or 2010. Posisi tiga finalis semestinya menjadi milik Wesley Sneijder, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez. Ketiganya tidak hanya sukses membawa klubnya juara. Tetapi, ketiganya berhasil membawa timnasnya ke final Piala Dunia 2010.

Jika dibandingkan Sneijder, prestasi Messi kalah jauh dari playmaker timnas Belanda tersebut. Sneijder bersama Inter Milan sukses meraih treble winner: Liga Champions, Seri A Italia dan Copa Italia. Sementara Messi hanya membawa Barcelona juara La Liga Spanyol. Striker Argentina ini unggul dalam produktivitas gol yang menempatkannya sebagai pencetak gol terbanyak Eropa (European Golden Shoe) dengan torehan 34 gol.

Di Piala Dunia 2010, Messi juga kalah berprestasi dari Sneijder. Messi bersama Argentina tersingkir di babak perempat final dan tidak mencetak satu gol pun. Sementara Sneijder membawa Belanda ke partai final dan menjadi topskorer dengan koleksi lima gol.

Itulah mengapa Rio Ferdinand, kapten timnas Inggris dan Manchester United, tidak menjatuhkan pilihannya pada Messi. Dalam urutan finalis FIFA Ballon D'or 2010, Rio menempatkan Sneijder di urutan pertama dengan disusul oleh Iniesta dan Xavi.

sumber : tribalfootball
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement