Rabu 19 Jan 2011 06:26 WIB
ISL vs LPI

Tiga Klub LPI Tidak Diundang Kongres PSSI

Nugraha Besoes
Foto: antara
Nugraha Besoes

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Tiga klub yang saat ini bertanding di Liga Primer Indonesia (LPI) yang diprakarsai oleh pengusaha Arifin Panigoro tidak diundang oleh PSSI dalam kongres tahunan di Bali pada 21-22 Januari nanti. Pihak PSSI menganggap ketiga klub tersebut yaitu Persema Malang, Persibo Bojonegoro dan PSM Makassar telah dicabut keanggotaannya setelah tidak bertanding di kompetisi resmi asosiasi sepak bola Indonesia.

"Memang benar, ketiga klub itu tidak diundang pada kongres nanti. Dengan demikian, mereka akan kehilangan hak suaranya," kata Sekjen PSSI, Nugraha Besoes di Jakarta, Selasa (18/1).

Menurut Nugraha, sebetulnya total peserta kongres yang diundang itu sebanyak 108. Namun, ada lima peserta yang dipastikan tidak hadir karena belum mempunyai kepengurusan diantaranya asosiasi wasit dan asosiasi pemain. Dengan dikurangi lagi tiga klub yang membelot ke LPI, maka jumlah peserta kongres tinggal 100 peserta yang berasal dari klub mulai Liga Super Indonesia (ISL) hingga Divisi II serta pengprov PSSI.

"Untuk agendanya tetap sama dengan kongres tahunan sebelumnya yaitu evaluasi kerja 2010 dan menyusun rencana kerja 2011," katanya menambahkan.

Pada kongres PSSI tahun ini, Nugraha menjelaskan mekanismenya juga berbeda. Semuanya mengacu pada statuta sehingga sama dengan pelaksanaan kongres baik AFC maupun FIFA. Yaitu, tidak ada rapat komisi ataupun kelompok.

Kongres akan dilakukan penuh selama satu hari tepatnya tanggal 22 Januari. Pada hari sebelumnya, acaranya hanya pembukaan serta pemaparan dari beberapa bidang diantaranya dari Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI).

Pria yang akrap dipanggil Kang Nug itu menegaskan, khusus masalah evaluasi, pihaknya juga mengundang pelatih timnas Alfred Riedl untuk memaparkan hasilnya selama menangani timnas Merah Putih selama 2010 lalu. "Pada kongres ini, kami juga akan melakukan pengesahan anggota baru dari Divisi III, skorsing dan pemilihan anggota baru," katanya menegaskan.

Kongres tahunan PSSI merupakan agenda tahunan. Kongres tahun ini mendekati pelaksanaan Kongres Luar Biasa PSSI untuk memilih kepengurusan baru. Sesuai dengan jadwal, masa jabatan pengurus saat ini tuntas pada bulan April mendatang.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement