Sabtu 22 Jan 2011 07:56 WIB
Kongres PSSI

Saleh Mukadar: Beredar, Surat Dukungan untuk Nurdin

Nurdin Halid (kiri) dan Nugraha Besoes
Foto: Antara
Nurdin Halid (kiri) dan Nugraha Besoes

REPUBLIKA.CO.ID,TABANAN--Komisaris Utama Persebaya 1927, Saleh Mukadar, mengaku telah mengetahui jika kongres tahunan PSSI digunakan oleh Ketua Umum PSSI Nurdin Halid untuk menggalang kekuatan agar bisa kembali maju pada pemilihan ketua periode 2011-2015. "Malam ini di lokasi kongres telah beredar surat pernyataan agar mendukung Nurdin sebagai ketua umum PSSI kembali," katanya di sela pelaksanaan kongres meski kehadirannya bukan sebagai peserta di Nirwana Resort, Bali, Sabtu dini hari.

Menurut dia, surat pernyataan dukungan telah disebar pada peserta kongres atau pemilik hak suara meliputi pengurus provinsi (penprov) PSSI serta perwakilan klub dari ISL hingga Divisi III. Pihaknya mengaku telah mendapatkan bukti nyata dari surat pernyataan yang harus ditandatangi oleh pemilih hak suara dalam kongres tahunan PSSI. "Saya telah punya bukti. Nanti saya akan mempublikasikan kepada semuanya," katanya dengan tegas.

Persebaya 1927 dibawah kepemimpinan Saleh Mukadar yang saat ini berlaga di Liga Primer Indonesia (LPI) sebetulnya tidak mendapatkan undangan untuk kongres. Meski demikian klub asal Surabaya itu tetap ngotot datang karena mengaku masih tetap sebagai anggota PSSI sama sebelum mundur dari Divisi Utama.

Saat ingin masuk ke lokasi kongres, perwakilan Persebaya 1927 ditolak oleh panitia karena perwakilan dari Persebaya yang turun di Divisi Utama telah terlebih dahulu masuk ke dalam ruangan kongres. "Kata panitia, Persebaya sudah ada yang masuk. Itu Persebaya yang mana? Yang sah dan mempunyai dukungan dari 30 klub dan Persebaya yang dipaksa pada nama Persebaya 1927," kata politikus itu.

 

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Nurdin Halid saat dikonfirmasi sebelumnya membantah jika kongres tahunan ini digunakan mencari dukungan untuk maju kembali menjadi pimpinan tertinggi asosiasi sepak bola Indonesia itu. "Kongres merupakan agenda resmi sesuai dengan statuta. Jadi tidak ada aksi untuk minta dukungan pada pemilik suara," katanya saat dikonfirmasi di lokasi kongres, Jumat (21/1).

Menurut dia, isu mencari dukungan untuk kembali menjadi Ketua Umum PSSI pada kongres ini murni fitnah dari pihak yang tidak bertanggung jawab karena pemilihan baru akan dilakukan pada Kongres Luar Biasa (KLB), April nanti. Untuk maju pun, kata dia, calon tidak bisa mengajukan sendiri namun harus mendapatkan dukungan minimal dari satu pemilik suara diantaranya dari pengurus provinsi (pengprov) PSSI ataupun dari klub.

"Kongres ini adalah untuk melakukan evaluasi selama 2010 dan membuat rencana untuk 2011. Bukan menetapkan lagi calon ketua umum baru," kata pria asal Makassar itu dengan tegas. Kongres tahunan PSSI sesuai dengan jadwal akan berakhir 23 Januari nanti.

Pada pembukaan selain dihadiri oleh seluruh petinggi PSSI juga dihadiri oleh Sekjen KONI, Jati Waluyo. Untuk menjaga keamanan selain melibatkan polisi juga menurunkan pecalang.

sumber : ant

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement