Rabu 09 Feb 2011 08:47 WIB
Liga Primer Indonesia

PSSI Laporkan Pemain Asing LPI ke FIFA

Kantor PSSI di Stadion Utama Gelora Bung Karno
Kantor PSSI di Stadion Utama Gelora Bung Karno

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - PSSI mengaku sudah melaporkan kehadiran pemain asing di Liga Primer Indonesia yang dinilai tidak memiliki KITAS. PSSI sudah dua kali melayangkan surat kepada Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar, tentang tidak diberikannya rekomendasi kepada para pemain asing yang tidak bermain pada kompetisi resmi PSSI.

Oleh karena itu, PSSI mengimbau agar Kementerian Hukum dan HAM melalui Dirjen Imigrasi segera memroses para pemain asing yang sudah melakukan pelanggaran izin tinggal mengingat rekomendasi pemberian KITAS dan Visanya tak lagi diperpanjang oleh PSSI.

''Dalam masalah deportasi pemain asing, kebijakan untuk mengeksekusi mereka adalah kewenangan Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM,'' kata Direktur Hukum dan Peraturan PSSI, Max Boboy, seperti dikutip situs PSSI.

Dari data yang berhasil dirangkum PSSI, keseluruhan pemain asing yang melakukan pelanggaran ini jumlahnya sudah mencapai 60 orang. Daftar nama 60 pemain tersebut bahkan sudah disampaikan PSSI melalui surat ke FIFA.

Sementara Kasubdit Dokumentasi Perjalanan, Visa dan Fasilitas Keimigrasian Ditjen Imigrasi, Amirullah, mengatakan bahwa para pemain dan pelatih asing yang bermain di LPI masih menggunakan Visa perjalanan atau Visa turis. "Jika benar mereka melakukan pelanggaran visa tersebut, maka kemungkinan bisa ditangkap dan dideportasi. Tapi, biasanya akan diberi waktu bagi mereka untuk mengurus KITAS-nya," ujar Amirullah.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 6 4 2 0 10 7 14
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 6 3 3 0 11 6 12
5 PSM Makassar PSM Makassar 6 3 2 1 8 5 11
sumber : pssi-football.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement