Rabu 16 Feb 2011 18:15 WIB

Dituduh Curi Start, PSSI Cuek

Rep: Fernan Rahadi/ Red: Didi Purwadi
Nugraha Besoes
Foto: antara
Nugraha Besoes

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA  - Agenda mengajak para petinggi klub-klub Liga Super Indonesia (ISL) dan Divisi Utama jalan-jalan ke Eropa membuat PSSI dicurigai sedang menggalang suara untuk kembali memilih Nurdin Halid sebagai ketua umum dalam Kongres PSSI di Bali pada 26 Maret nanti. Namun, PSSI ternyata cuek dengan anggapan seperti itu.

"Biarkan saja biar ramai. Jelang hajatan seperti kongres atau pernikahan kan memang sudah wajar jika ramai. Memangnya salah mengajak ke luar negeri?" tutur Nugraha Besoes, sekjen PSSI, di Sekretariat PSSI, Rabu (16/2).

Nugraha menyatakan tujuan PSSI ke luar negeri untuk melakukan studi banding guna merestrukturisasi Liga Indonesia. Dengan studi banding tersebut, dia berharap klub-klub tersebut belajar banyak untuk menjadikan klub mereka masing-masing profesional.

"Kita kan diberi waktu oleh AFC bahwa paling lambat 2012 itu klub-klub sudah harus profesional. Saya harap klub-klub tersebut belajar bahwa menjadi profesional itu tidak semudah yang dibayangkan," kata Nugraha.

Klub-klub menjadi pemilik suara mayoritas pada Kongres PSSI di Bali nanti. Jika semuanya mendukung Nurdin, maka hampir dipastikan bahwa ketua umum PSSI yang telah menjabat selama dua periode tersebut akan terpilih lagi.

Kongres PSSI, yang direncanakan dilaksanakan di Pulau Bintan pada 19 Maret, akhirnya dipindah ke Bali pada 26 Maret. FIFA dan AFC kabarnya tidak setuju karena pulau yang terletak di Kepulauan Riau tersebut terlalu sulit dijangkau dengan alat transportasi biasa. "Alasannya karena efisiensi. Karena, kongres nanti harus dihadiri dari perwakilan FIFA dan  AFC," ujar Nugraha.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement