Selasa 08 Mar 2011 10:41 WIB

Rentan Terjadi Kebakaran, Pemadam Disiagakan di Lokasi SEA Games

SEA Games 2011
SEA Games 2011

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG - Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Penanggulangan Bahaya Kebakaran setempat akan menyiagakan armada pemadam kebakaran di lokasi tempat berlangsung SEA Games XXVI di kawasan Jakabaring. Pelaksana Tugas Kepala Dinas Penaggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) setempat, Dikcy Tatung, mengatakan sebanyak tiga armada pemadaman kebakaran akan disiagakan penuh pada kawasan utama SEA Games di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

Namun, kalau masih dibutuhkan, pihaknya juga menyiapkan sejumlah armada tambahan lagi. ''Hal tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat pesta olahraga se-Asia Tenggara itu berlangsung mendatang,'' kata Dicky.

Dia menjelaskan sejumlah armada disiagakan sehingga pemadam kebakaran bisa langsung mengatasi apabila terjadi kebakaran saat pertandingan berlangsung. Dicky juga berharap peran aktif masyarakat terutama panitia SEA Games untuk bersama-sama menjaga lingkungan agar terhindar dari bahaya kebakaran. Selama berlangsung SEA Games nanti, masyarakat hendaknya jangan membakar ilalang karena asapnya bisa sampai ke lokasi pertandingan.

Kasi Observasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Klimatologi Kenten Palembang, Ishak Jauhari, juga mengimbau masyarakat terutama yang berada di kawasan lokasi SEA Games tidak melakukan aktivitas pembakaran ilalang atau sejenisnya untuk membuka lahan. Menurut dia, hal tersebut akan berdampak langsung mengganggu kegiatan SEA Games pada 11-25 November 2011. Karena, waktu perhelatan diperkirakan bersamaan dengan waktu musim kemarau.

"Kebiasaan saat kemarau, kabut asap dampak pembakaran mudah sekali muncul sehingga akan mengganggu aktivitas masyarakat maupun pertandingan SEA GAmes itu sendiri," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement