Sabtu 19 Mar 2011 21:26 WIB

Jatim Persoalkan Lokasi Kongres di Pekanbaru

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Pengurus Provinsi PSSI Jawa Timur mempertanyakan penunjukan Kota Pekanbaru sebagai tempat penyelenggaraan Kongres PSSI untuk pemilihan ketua umum periode 2011-2015.

"Kenapa Kongres PSSI harus digelar di luar Jawa, padahal di Jawa masih banyak tempat dan lebih efisien biaya," kata Ketua I Pengprov PSSI Jatim, Imron Abdul Fattah, kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

Ia mengemukakan hal itu menanggapi keputusan PSSI yang menunjuk Pekanbaru, Riau, sebagai tempat digelarnya Kongres untuk pemilihan ketua umum periode 2011-2015 pada 29 April mendatang.

Sebelumnya, PSSI mengajukan tiga opsi kota atau daerah sebagai lokasi kongres empat tahunan itu, yakni Balikpapan, Pekanbaru, dan Bali.

Sekretaris Jenderal PSSI Nugraha Besoes mengatakan tidak ada alasan apapun dengan penunjukan Pekanbaru sebagai tuan rumah kongres, karena kota itu juga bagian dari Indonesia.

Kendati demikian, Imron menduga ada skenario tertentu dari PSSI terkait penunjukan Pekanbaru sebagai lokasi kongres. Namun, ia belum bisa memastikan skenario yang dimaksud tersebut. "Daripada di Pekanbaru yang sudah pasti memakan biaya terlalu besar, lebih baik kongres di Jakarta atau Surabaya. Jatim siap menjadi tuan rumah kongres," ujarnya.

Ia menambahkan Jatim cukup layak menjadi tuan rumah Kongres PSSI, karena memiliki mayoritas suara di kongres dibandingkan dengan daerah lain.

Terkait rencana kongres, PSSI juga telah merumuskan Peraturan Organisasi (PO) yang terdiri atas delapan pasal mengenai aturan, ketentuan, dan tata cara dari pelaksanaan Kongres 26 Maret dan Kongres 29 April.

PSSI melalui Tim 8 telah menyelesaikan tugas pokoknya merumuskan PO yang akan menjadi acuan untuk pelaksanaan Kongres Pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding serta Kongres Pemilihan Exco PSSI 2011-2015.

Kongres guna pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding akan dilaksanakan pada 26 Maret, sementara Kongres Pemilihan Exco PSSI 2011-2015 yang terdiri dari seorang ketua umum, seorang wakil ketua umum, dan sembilan anggota Exco, akan digelar 29 April.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement