Selasa 22 Mar 2011 09:14 WIB

Messi dan Mourinho Jadi Pemain dan Pelatih Sepak Bola Termahal

Lionel Messi dan Jose Mourinho
Lionel Messi dan Jose Mourinho

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS - Lionel Messi dan Jose Mourinho adalah pemain dan manajer yang dibayar paling mahal dalam sepak bola, demikian menurut majalah sepak bola Prancis. Penghasilan Messi, pemain Barcelona, yang dua kali menjadi pesepak bola terbaik dunia, dari gaji dan transaksi publisitas pada 2011 jumlahnya mencapai 31 juta euro, sementara bos Real Madrid Mourinho teratas dalam daftar manajer kaya dengan pendapatan 13,5 juta euro.

Pendapatan Messi, yang menjadikannya sebagai pesepak bola berbayaran tertinggi di dunia, masih jauh dari Tiger Woods, yang berpenghasilan 53 juta euro sebagai olahragawan dengan bayaran tertinggi. Saingan terdekat Messi sebagai pesepak bola berpenghasilan terbesar adalah bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo dengan 27,5 juta euro, dan pemain Manchester United Wayne Rooney di urutan ketiga dengan 20,7 juta euro.

Liga Utama Inggris (Liga Premier) menjadi liga paling menguntungkan dengan tujuh wakil dalam daftar 20 pemain berpenghasilan tertinggi. Dua mantan bintang Liga Premier, David Beckham dan Thierry Henry, sekarang bermain di MLS di Amerika Serikat, menempati peringkat kelima dan ke-11 dengan bayaran berturut-turut 19 juta dan 13,6 juta.

Di antara peringkat para manajer, Mourinho berada di posisi teratas di atas manajer Barcelona Pep Guardiola dengan 10,5 juta dan mantan pelatih Inter Milan Raphael Benitez (10,2 juta). Manajer Inggris Fabio Capello berada di posisi keempat, pelatih asal Italia itu mendapat gaji 8,5 juta menurut survei 'France Football'.

sumber : Antara/ AFP

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement