Jumat 25 Mar 2011 17:57 WIB

KONSEN Desak Kongres PSSI Ditunda

Rep: Fernan Rahadi/ Red: Didi Purwadi
Aksi demonstrasi menuntut revolusi PSSI
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Aksi demonstrasi menuntut revolusi PSSI

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Mepetnya penyelenggaraan Kongres Pemilihan Komite Eksekutif (Exco) membuat prihatin banyak pihak, termasuk para anggota Komisi X dan Koalisi Independen untuk Rekonsiliasi Sepakbola Nasional (KONSEN). Keduanya meminta agar kongres yang sedianya dilangsungkan pada 29 April tersebut diundur dua sampai tiga pekan.

"Kami meminta agar Komite Pemilihan yang akan terbentuk pada Sabtu (26/3) nanti mengajukan permohonan perpanjangan waktu menuju kongres pemilihan kepada FIFA," ujar Koordinator KONSEN, Effendi Ghazali, saat menggelar konferensi pers di Sekretariat Komisi X DPR, Jakarta, Jumat (25/3).

Effendi mengharapkan mundurnya waktu kongres pemilihan akan membuka kesempatan lebih luas kepada calon-calon ketua umum PSSI lain di luar empat calon yang telah muncul ke permukaan, yakni Nurdin Halid, George Toisutta, Nirwan Bakrie, dan Arifin Panigoro. "Jika waktu menuju kongres pemilihan diperpanjang, maka para calon lainnya bisa menyampaikan kepada publik menyangkut visi, misi, program, dan membuat kontrak sepakbola," ujar Effendi.

Dari hasil identifikasi muatan media massa dan media sosial yang dipantau KONSEN dan anggota Komisi X, Effendi mengatakan ada sejumlah nama yang berminat maju atau dinominasikan oleh masyarakat pecinta sepakbola. Beberapa di antaranya adalah Alex Nurdin, Diza Rasyid Ali, Erwin Aksa, GH Sutedjo, Sumaryoto, Sutiyoso, AA Mangindaan, Agum Gumelar, Jusuf Kalla, James Riyadi, Achsanul Qosasi, Ibnu Munzir, dan IGK Manila.

"Nama-nama tersebut kami munculkan bukan dalam konteks preferensi. Ini hanya menunjukkan bahwa di masyarakat pecinta bola terdapat nama-nama relatif baru yang dianggap memiliki minat atau berpeluang dinominasikan," ujar Effendi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement