Senin 04 Apr 2011 19:51 WIB
Kisruh Kongres PSSI

Difasilitasi Prima, Bachdim Cs Bakal Bergabung ke Timnas PSSI?

Irfan Bachdim
Foto: Antara
Irfan Bachdim

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Program Indonesia Emas (Prima) tetap bersikukuh memasukkan pemain sepak bola yang berlaga di kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI) ke dalam tim nasional (timnas) yang akan diturunkan pada SEA Games 2011 di Tanah Air.

Komandan Satlak Prima, Tono Suratman, di Jakarta, Senin mengatakan, atlet-atlet sepak bola terbaik dari seluruh Indonesia berhak untuk masuk timnas termasuk yang saat ini turun di kompetisi LPI.

"Kita saat ini bicara timnas. Timnas dibentuk dari putra-putra terbaik. Jadi semuanya punya peluang masuk timnas jika mempunyai kemampuan. Perihal statuta FIFA, sementara kita tinggalkan," katanya.

Menurut dia, banyak pemain yang mempunyai kemampun lebih belum terakomodasi di timnas. Untuk itu dengan adanya peluang ini diharapkan pemain-pemain terbaik yang ada bisa bersatu dan berjuang di SEA Games 2011.

Ia mengemukakan, tidak hanya Irfan Bacdhim, Andik Vermansyah maupun Kim Jeffery Kurniawan, namun masih banyak lagi pemain yang layak untuk memperkuat timnas. Mereka nantinya akan dipanggil untuk menjalani seleksi. "Siapa yang terpilih nantinya akan masuk timnas. Yang jelas semua pemain terbaik akan dipanggil," katanya menambahkan.

Pelatih timnas Alfred Riedl sebelumnya telah mengumumkan 20 pemain yang memperkuat timnas SEA Games 2011. Dari 20 pemain itu tidak termasuk pemain yang sedang naik daun yaitu Oktovianus Maniani.

Tono menjelaskan, setelah timnas masuk Prima, jumlah pemain yang akan dipanggil sebanyak 30 orang. Selanjutnya seluruh pemain akan menjalani pembekalan pembangunan karakter di Markas Kopassus Batujajar Bandung.

Sesuai dengan jadwal, Yongky Ariwibowo dan kawan-kawan menjalani pembekalan 30 April hingga 15 Mei nanti.

Sementara itu Deputi Bidang Teknis Badan Tim Nasional (BTN) Iman Arif membenarkan bahwa akan ada penambahan pemain yang memperkuat timnas termasuk yang diusulkan oleh Prima. Hanya saja, semuanya membutuhkan proses.

"Yang jelas semuanya harus sesuai dengan regulasi. Bagi kami yang dibutuhkan saat ini adalah pemain terbaik. Ini demi bangsa dan negara," katanya saat dikonfirmasi.

Timnas setelah menjalani pembekalan pembentukan karakter selanjutnya akan menjalani pelatnas di Austria mulai 17 April hingga 17 Mei mendatang. Hanya saja, lamanya pelatnas kemungkinan akan bertambah hingga tiga bulan.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 5 4 1 0 9 7 13
2 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 5 4 1 0 6 4 13
3 PSM Makassar PSM Makassar 5 3 1 1 8 5 10
4 Persib Bandung Persib Bandung 5 2 3 0 9 4 9
5 Bali United Bali United 5 2 2 1 5 2 8
sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement