Ahad 17 Apr 2011 07:32 WIB

Toure Rusak Mimpi Treble Manchester United

Yaya Toures (tengah), gelandang Manchester City, usai menjebol jala Manchester United di semifinal Piala FA di London pada Sabtu (16/4).
Foto: AP/Lefteris Pitarakis
Yaya Toures (tengah), gelandang Manchester City, usai menjebol jala Manchester United di semifinal Piala FA di London pada Sabtu (16/4).

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON - Yaya Toure membuyarkan mimpi Manchester United untuk mencetak "treble" setelah gol semata-wayangnya membuat Manchester City mampu mengalahkan musuh satu kota mereka itu dengan skor 1-0 untuk mencapai final Piala FA bulan depan. Pemain tengah Pantai Gading Toure membuat City tetap berada di jalur untuk meraih piala mereka yang pertama dalam 35 tahun setelah mampu memanfaatkan kesalahan dari pemain tengah Manchester United Michael Carrick yang salah dalam mengontrol bola.

Gol yang menjadi penentu hasil derby babak semifinal yang seru antar kedua tim tersebut terjadi setelah pertandingan berlangsung 52 menit. United, pemimpin klasemen sementara Liga Inggris yang pekan lalu melaju ke babak semifinal Liga Champions, terpaksa bermain dengan 10 pemain setelah Paul Scholes diusir keluar lapangan karena melakukan pelanggaran berat terhadap pemain bertahan City Pablo Zabaleta. Kejadian tersebut seiring dengan melayangnya impian mereka untuk kembali mencetak treble sebagaimana yang pernah mereka raih pada 1999.

City layak menjadi pemenang dalam pertandingan itu karena mereka bermain lebih baik dan menguasai pertandingan pada babak kedua dan sempat mengancam gawang United beberapa kali. United seharusnya bisa memenangi pertandingan itu seandainya Dimitar Berbatov dapat memanfaatkan dua kesempatan emas yang tercipta dalam selang waktu hanya satu menit pada menit ke-15. Sebuah umpan yang matang yang dihasilkan dari operan-operan cepat Carrick, Scholes dan Park Ji-Sung memberi Berbatov kesempatan emas untuk mencetak gol, namun kiper Inggris Joe Hart mampu memblok serangan itu dan melakukan penyelamatan gemilang.

Beberapa saat kemudian pemain sayap Nani berhasil mengecoh Zabaleta di sayap kiri sebelum mengirimkan satu umpan terukur yang seharusnnya bisa dikapitalisasi menjadi gol oleh Berbatov, namun bola melayang di atas mistar gawang. City harus menunggu sampai 32 menit sebelum mendapat peluang yang benar-benar berarti ketika Gareth Barry berhasil mengecoh John O'Shea di dalam kotak penalti, namum tendangannya melenceng dari tiang gawang.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Liverpool Liverpool 7 6 0 1 13 11 18
2 Manchester City Manchester City 7 5 2 0 17 9 17
3 Arsenal Arsenal 7 5 2 0 15 9 17
4 Chelsea Chelsea 7 4 2 1 16 8 14
5 Aston Villa Aston Villa 7 4 2 1 12 3 14
sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement