Sabtu 23 Apr 2011 20:00 WIB

Wiel Coerver, Mantan Pelatih Timnas Indonesia Meninggal Dunia

Rep: Ratna Puspita/ Red: Agung Vazza
Wiel Coerver
Foto: DeStentor.nl
Wiel Coerver

REPUBLIKA.CO.ID, KERKRADE -- Mantan pelatih tim nasional Indonesia yang juga legenda Belanda, Wiel Coerver, menghembuskan nafas terakhirnya di kampung halamannya, Kerkrade, Jumat (22/4) pagi waktu setempat. Coerver meninggal pada usia 86 tahun karena sakit radang paru-paru.

Coerver yang lahir pada 3 Desember 1924 memenangi Kejuaraan Belanda 1956 ketika memperkuat Rapid JC (sekarang) Roda JC. Pada periode 1975 sampai 1976, Coerver menukangi skuat Merah Putih. Dia didatangkan khusus untuk membantu timnas Indonesia lolos kualifikasi Olimpiade 1976. Saat itu, Indonesia baru kembali ke pentas internasional setelah dijatuhi sanksi larangan tampil selama 16 tahun akibat memboikot pertandingan kualifikasi Piala Dunia 1958 melawan Israel.

Kemampuan Coerver menukangi timnas hampir sulit dicari tandingannya. Pria yang meletakan pondasi sepak bola Indonesia ini pun disebut-sebut pelatih asing paling sukses menangani timnas Merah Putih. Indonesia nyaris saja berlaga di Olimpiade yang digelar di Montreal, Kanada. Skuat Merah putih berhasil melaju ke final kualifikasi. Sayangnya, pasukan Garuda harus tersingkir setelah ditundukan Korea Utara melalui drama adu penalti, 4-5.

Prestasi manis Coerver selama menjadi pelatih, yaitu mengantar Feyenoord mengalahkan Tottenham Hotspur untuk memenangi Piala UEFA 1974 silam. Gerrad Meijer yang bertugas sebagai fisioterapis di Feyenoord selama 50 tahun, mengatakan, Coerver merupakan sosok dengan semangat yang tinggi.

Ketika baru tiba di Feyenoord, dasar-dasar sepak bola menjadi materi utama Coerver. Teknik yang diajarkan Coerver membuat para pemain benar-benar berkembang. "Setiap pelatih mengandalkan pada kemampuan para pemainnya. Tapi, ketika anda mendapatkan titel yang besar, pelatih-lah yang memainkan peranan besar," kata dia seperti dilansir laman resmi UEFA.

Selain Indonesia dan Feyenoord, Coerver juga pernah melatih Sparta Rotterdam, Roda JC Kerkrade dan Go Ahead Eagles. Namun, bukan kiprahnya sebagai pelatih yang membuat Coerver terkenal di persepakbolaan Internasional. Dia terkenal dengan metode kepelatihannya yang disebut Coerver Method. Metode ini dinilai sebagai sistem kepelatihan paling sukses di era sepak bola modern.

Metode ini menggabungkan kemampuan pesepak bola menggiring bola, mengoper, kecepatan, pergerakan satu-lawan-satu, dan penyelesaian. Program ini sudah digunakan pemain-pemain dari klub papan atas Eropa, seperti Ruud van Nistelrooy, Arjen Robben dan Cristiano Ronaldo.

sumber : UEFA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement