Senin 25 Apr 2011 15:15 WIB

Kembali ke Pelukan Ukraina, Oleh Blokhin Dibebankan Target Minimal

Oleh Blokhin
Foto: AP/Sergei Chuzavkov
Oleh Blokhin

REPUBLIKA.CO.ID,KIEV - Oleh Blokhin kembali menjadi pelatih timnas Ukraina untuk kedua kalinya. Menjadi tuan rumah Euro 2012 bersama Polandia, Ukraina hanya mematok target minimal untuk Blokhin.

Blokhin sebelumnya menikmati masa indahnya bersama Ukraina selama kurun 2003-2007. Pelatih berusia 58 tahun yang pernah meraih penghargaan Ballon d'Or itu sukses membawa Ukraina hingga perempat final Piala Dunia 2006. Itu menjadi pencapaian tertinggi timnas Ukraina.

Tapi, Blokhin kemudian dipecat setelah gagal menghantarkan Ukraina lolos ke Euro 2008. Namun demikian, Blokhin kini kembali mengarsiteki Ukraina dengan mengalahkan Yuriy Kalitvintsev (pelatih caretaker Ukraina) dan Pavlo Yakovenko (pelatih Tim U21 Ukraina). Blokhin memenangkan 18 dari 27 suara dalam pemilihan yang digelar oleh Federasi Sepak Bola Ukraina (FFU).

''Kami berterima kasih kepada Yuriy Kalitvintsev atas kerja kerasnya. Kami juga berharap Oleh Blokhin mampu melaksanakan tugasnya,'' kata presiden FFU, Grygoriy Surkis.

Kembali ke pelukan Ukraina, Blokhin hanya mendapat target minimal membawa Ukraina lolos dari babak penyisihan grup.

''Ambisi kami memang ingin menjuarai Euro 2012. Tapi, kami harus sadar bahwa minimal ada 10 tim yang bakal menjadi lawan berat,'' kata Surkis. ''Di luar Argentina dan Brasil, tim-tim kuat dunia itu berasal dari Eropa. Karena itu, kami lebih baik memasang target minimal lolos dari babak penyisihan grup.''

sumber : www.uefa.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement