Senin 25 Apr 2011 16:32 WIB
Kongres PSSI

Larangan FIFA Tetap Jadi Syarat Verifikasi

Rep: Ratna Puspita/ Red: Didi Purwadi
FIFA
Foto: uk.eurosport.yahoo.com
FIFA

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Komite Normalisasi mengagendakan proses verifikasi untuk calon ketua umum, wakil ketua umum dan Exco akan berlangsung mulai Senin (25/4) hari ini hingga Jumat (29/4) mendatang. Komite Normalisasi tetap menjadikan keputusan FIFA tentang pelarangan empat kandidat masuk menjadi anggota Komite Eksekutif (Exco) ketika melakukan proses verifikasi 34 nama yang mendaftar sebagai pengurus PSSI periode 2011-2015.

Anggota Komite Normalisasi, Joko Driyono, mengatakan, pihaknya tidak melakukan penyaringan terhadap siapapun yang melakukan pendaftaran. Karena itu, nama George Toisutta dan Arifin Panigoro yang sudah dilarang oleh FIFA tetap dihitung sebagai pihak yang mengajukan diri menjadi bakal calon Ketua Umum PSSI. "Kita tidak menghalangi semua yang mendaftar. Itu spirit yang coba kita usung. Nanti akan ada proses verifikasi, Statua dan referennsi FIFA yang kita jadikan pegangan," kata Joko.

Keputusan FIFA tersebut dipastikan menjegal langkah George dan Arifin yang menerima banyak dukungan. FIFA sudah menegaskan, keduanya tidak boleh mengikuti pemilihan. Otoritas sepak bola dunia itu bahkan menyatakan, bila proses menuju Kongres yang digelar pada 20 Mei mendatang tidak dilaksanakan sesuai mandat, maka Indonesia berpeluang menerima sanksi.

Namun, Joko tidak ingin berkutat pada masalah tersebut. Untuk melakukan perubahan di tubuh PSSI, Komite Normalisasi juga harus fokus melakukan seleksi ketat terhadap bakal calon anggota Exco. Joko menuturkan, anggota Exco memiliki peran yang sangat penting dalam pengambilan keputusan sebuah organisasi sepak bola saat ini. "Kita harus lihat betul kompetensi dan latar belakangnya, jangan sampai salah meloloskan calon," kata dia.

Sebanyak 34 nama bakal calon baik dari pihak independen maupun klub yang belum menjadi anggota PSSI mendaftar untuk menjadi Ketua Umum PSSI periode mendatang pada 12 hingga Sabtu (23/4) pukul 24:00 WIB. Sedangkan, untuk jumlah calon Wakil Ketua Umum PSSI sebanyak 29 orang dan 76 orang untuk calon anggota Exco PSSI.

Nama-nama tersebut akan diseleksi sesuai electoral code yang sudah disusun, di antaranya warga negara Indonesia yang belum pernah terpidana dan pernah mengurusi sepakbola sekurang-kurangnya lima tahun. Bila ada pihak yang keberatan dengan hasil yang diputuskan Komite Normalisasi, maka dapat mengajukan keberatan pada Komite Banding pada 30 April hingga 6 Mei mendatang. Berkas pengajuan tersebut akan dibahas oleh Komite Banding pada 7 hingga 13 Mei 2011.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement