Ahad 15 May 2011 11:29 WIB

Tak Terkalahkan Sepanjang Musim, Porto Samai Rekor Eusebio

Rep: Ratna Puspita/ Red: Didi Purwadi
Pemain Porto FC bergembira usai melumat Spartak Moskow 5-1 di leg kedua babak perempat final Liga Europa.
Foto: AP/Mikhail Metzel
Pemain Porto FC bergembira usai melumat Spartak Moskow 5-1 di leg kedua babak perempat final Liga Europa.

REPUBLIKA.CO.ID,LISBON - FC Porto menjadi tim pertama yang memenangi Liga Portugal tanpa pernah memenangi kekalahan. Porto menyempurnakan penampilannya musim ini setelah mengalahkan Maritimo 2-0 pada duel terakhir Liga Primer Portugal, di Stadion Barreiros, Sabtu (14/5).

“Hari ini, kami meraih sesuatu yang sangat sulit dan ini akan kami kenang selamanya. Kami sangat bangga dengan kerja keras kami sepanjang musim ini," kata Pelatih Porto, Andre Villas Boas, kepada SportTV seperti dilansir AP, Ahad (15/5).

Silvestre Varela membawa Porto unggul setelah memanfaatkan umpan gelandang asal Kolombia, Fredy Guarin, pada menit 21.  Sundulan penyerang asal Brasil, Walter Henrique da Silva, menggandakan keunggulan tim tamu pada menit 32.

Keberhasilan Porto itu menyamai catatan Benfica 33 tahun silam. Benfica yang diperkuat legenda Portugal, Eusebio, juga pernah mencatat rekor tidak terkalahkan sepanjang musim pada 1973. Namun, Benfica gagal kalah merengkuh Liga Portugal. Porto yang menelan satu kekalahan justru finis sebagai juara.

Porto sudah memastikan gelar Liga Portugal ke-25 awal April lalu. Dengan kemenangan atas Maritimo itu, the Dragons menyelesaikan liga domestik musim ini dengan raihan 84 angka setelah mencatat 27 kemenangan dan tiga hasil imbang.

Hasil ini memuluskan jalan Porto untuk kembali berlaga di Liga Champions musim depan. Sedangkan, juara musim lalu, Benfica, harus melalui babak ketiga fase kualifikasi untuk dapat berlaga di kompetisi tingkat tinggi Eropa tersebut.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement