Rabu 18 May 2011 10:43 WIB

Jepang Akhirnya Mundur dari Copa America

Junji Ogura
Foto: the-afc.com
Junji Ogura

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO - Timnas Jepang, Selasa (17/5), akhirnya menyatakan bahwa mereka memutuskan untuk tidak jadi tampil dalam kompetisi sepak bola Copa America. Jepang sebelumnya menyatakan akan tetap mengikuti turnamen itu kendati negara itu baru mengalami bencana gempa-tsunami pada 11 Maret.

"Dengan amat menyesal, kami mengumumkan bahwa tim Jepang tidak dapat berperan dalam turnamen Copa America 2011 di Argentina," kata petinggi Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) kepada Federasi Sepak Bola Argentina dalam suratnya. "Kami minta maaf mendalam."

Jepang dan Meksiko merupakan dua tim dari luar Amerika Selatan yang diundang mengikuti turnamen pada Juli mendatang tersebut. Jepang, yang berstatus sebagai juara Asia 2011, berada dalam Grup A bersama tuan rumah Argentina, Bolivia dan Kolumbia.

Namun demikian, keikutsertaan Jepang menjadi amat mengkhawatirkan setelah terjadi gempa bumi dahsyat disusul trunami yang menghancurkan kawasan pantai Pasifik negara itu. Sebelumnya JFA mengatakan akan mengirim tim nasional mereka dalam turnamen itu. Tetapi, mereka gagal menarik pemainnya yang bermain di klub-klub Eropa.

"Dalam situasi seperti ini, kami tidak dapat membentuk tim tangguh yang akan mengikuti Copa America," kata Ketua JFA, Junji Ogura, kepada wartawan di Tokyo. "Karena itu, saya amat menyesal bahwa kami tidak jadi mengikuti turnamen itu. Kami benar-benar amat menyesalkannya."

 

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement