Rabu 18 May 2011 11:26 WIB

Kosta Rika Gantikan Jepang di Copa America

Rep: Ratna Puspita/ Red: Didi Purwadi
Copa America 2011
Copa America 2011

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO - Jepang memutuskan mundur dari Copa America 2011 yang digelar di Argentina pada 1 sampai 24 Juli mendatang. Kosta Rika akan menggantikan Jepang pada turnamen antarnegara Amerika Selatan itu.

Kosta Rika menerima undangan dari Federasi Sepak bola Amerika Selatan (CONMEBOL). Negara Amerika Tengah itu akan menurunkan para pemain di bawah 23 tahun dan lima pemain senior. Presiden Federasi Sepak bola Kosta Rika, Eduardo Li, mengatakan bahwa skuat negaranya tidak hanya akan berpartisipasi.

"Kami juga ingin meraih hasil yang positif," ujar Li seperti dilansir AP pada Rabu (18/5).

Ini akan menjadi keikutsertaan keempat Kosta Rika di Copa America. Sebelumnya, Kosta Rika berpartisipasi di tiga penyelenggaraan pada 1997, 2001 dan 2004. Pada partisipasi tujuh tahun silam, Kosta Rika terhenti di babak delapan besar setelah disingkirkan Kolombia. “Kami yakin, Copa America sangat penting," ujar Li.

Jepang terpaksa mundur setelah gagal membentuk skuat yang kompeten. Sebab, klub-klub Eropa tidak mengijinkan para pemain Jepang untuk berlaga di turnamen empat tahunan tersebut. Setidaknya 15 dari 20 pemain inti Jepang berlaga di Benua Biru, di antaranya Atutso Uchida yang memperkuat Schalke 04.

Namun, Jepang juga tidak dapat mengajukan keberatan melalui FIFA agar klub-klub tersebut mau melepaskan para pemain tim nasional. Sebab, Negeri Sakura bukan anggota CONMEBOL dan hanya berstatus tim tamu pada ajang Copa America.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement