Jumat 03 Jun 2011 17:56 WIB

Latihan Bebas, Stoner Masih Paling Cepat

Rep: Anita Puspitarini/ Red: cr01
Pembalap Repsol Honda, Casey Stoner, ketika mengikuti sesi latihan bebas hari Jumat, di sirkuit Montmelo, Spanyol.
Foto: AP
Pembalap Repsol Honda, Casey Stoner, ketika mengikuti sesi latihan bebas hari Jumat, di sirkuit Montmelo, Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, CATALUNYA – Latihan bebas sesi pertama yang dilakukan di sirkuit Catalunya, Jumat (3/6) masih menempatkan Casey Stoner sebagai pembalap tercepat. Pembalap asal Australia yang musim lalu memenangkan balapan di Sirkuit Le Mans, Prancis masih bisa berbangga dengan hasil latian bebas sesi pertama. Walau begitu, Stoner masih harus berhati-hati dengan Marco Simoncelli yang berada di urutan kedua dengan selisih waktu 0.486 detik.

Pada awal latihan di 30 menit pertama, dengan cuaca yang masih bersahabat, Jorge Lorenzo masih menempati urutan kedua. Juara bertahan dan pemenang pada balapan tahun 2010 di sirkuit Catalunya ini harus puas dengan hasil akhir latihan bebas pada urutan ketiga setelah Marco Simoncelli.

Walaupun sempat terancam tidak dapat mengikuti balapan pada Ahad depan, Marco Simoncelli akhirnya tetap dapat mengikuti balapan. Pada latihan bebas sesi pertama ini, Simoncelli boleh berbangga dengan hasil latihannya. Dua hari menjelang balapan resmi pada tanggal 5 Juni mendatang, Simoncelli sudah bisa membuktikan keagresifannya.

Keagresifan Simoncelli di sirkuit menuai banyak kritikan, terlebih usai kecelakaan yang dialami Dani Pedrosa. Walau begitu, Simoncelli sudah berjanji untuk tak mengulangi kesalahan yang sama saat di sirkuit Le Mans 15 Mei lalu. Akibat keagresifannya, Dani Pedrosa mengalami kecelakaan yang menyebabkan tulang selangka kanannya harus dioperasi dan terpaksa absen dari Sirkuit Catalunya.

Sayangnya, latihan bebas sesi pertama tersebut terganggu dengan hujan yang cukup deras. Bahkan latihan sempat terhenti akibat hujan yang semakin deras.

Hujan tak menghalangi Andrea Dovizioso untuk kembali ke sirkuit basah tersebut. Pembalap atas Itali tersebut sempat kembali ke pit saat hujan mengguyur. Namun dirinya kembali ke sirkuit dengan ban khusus sirkuit basah.

Walau masih sesi latihan bebas, namun Hector Barbera harus lebih waspada di pertandingan yang akan digelar Ahad (5/6). Pada sesi latihan pertama ini, pembalap Ducati tersebut menempati urutan paling belakang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement