Selasa 21 Jun 2011 11:55 WIB

Jatim Siapkan Yapto Sebagai Calon Pengganti George Toisutta

Yapto Suryo Sumarno
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Yapto Suryo Sumarno

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA - Ketua Pengurus PSSI Provinsi Jawa Timur, La Nyalla Mahmud Mattalitti, menyiapkan calon alternatif sebagai Ketua Umum PSSI dalam kongres luar biasa.

"Kami sudah punya calon alternatif, yaitu Yapto Suryo Sumarno (Ketua Umum PP Pemuda Pancasila)," katanya saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (21/6).

Menurut dia, kiprah Yapto di persepakbolaan Tanah Air tidak perlu diragukan lagi karena sudah lama berkecimpung dalam membesarkan tim sepak bola Persija Jakarta. "Dia tegas dan berjiwa kepemimpinan sehingga sangat dibutuhkan oleh PSSI dalam kondisi sekarang ini," kata Ketua MPW Pemuda Pancasila Jatim itu.

Namun, dia tidak akan gegabah menggalang dukungan untuk Yapto sebelum ada keputusan dari FIFA tentang keabsahan pencalonan George Toisutta dan Nirwan Bakrie. "Saya sendiri tidak tahu tentang statuta FIFA itu seperti apa. Tetapi kalau memang dua orang itu tidak bisa maju, maka saya akan mencalonkan Yapto," katanya.

Nyalla merasa yakin bahwa Yapto bakal didukung oleh Kelompok 78. Apalagi, menurut dia, sebanyak 80 persen pengurus PSSI baik tingkat pusat maupun daerah merupakan kader Pemuda Pancasila. "Saya yakin, Pak Yapto akan banyak mendapat dukungan. Dan, saya pun siap menggalang dukungan untuk dia," ucap Ketua Kadin Jatim itu, menambahkan.

Kalau memang PSSI ingin membersihkan diri dari praktik mafia perwasitan dan kepentingan politik, sosok Yapto yang tepat untuk memimpin organisasi persepakbolaan di Tanah Air itu. "Sudah bukan rahasia lagi kalau sepak bola kita itu penuh dengan kecurangan. Kalau ingin menang, harus bisa menyediakan uang untuk menyuap wasit," kata Nyalla. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement