Selasa 21 Jun 2011 12:49 WIB

Apa lah Arti nama Pesepak Bola?

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Didi Purwadi
Christoper Samba
Foto: guardian.co.uk
Christoper Samba

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON - William Shakespare pernah menyatakan,'Apalah artinya sebuah nama'. Pernyataan yang mungkin sangat tepat jika merujuk nama sejumlah pelakon kulit hijau. Sejumlah nama yang tertera di punggung para pemain itu kadang kala tidak mewakili arti yang sesuai dengan kenyataan.

Salah satu contoh adalah bek Blackburn Rovers, Christoper Samba. Dari namanya, orang mungkin langsung mengasosiasikan sang pemain pada budaya dan tarian Samba. Jika tidak mengenal sosok Cristoper Samba, orang mungkin berpikir si empunya nama merupakan sosok lincah nan eksotik layaknya budaya Sama Brasilia.

Namun, kenyataannya adalah Samba yang dimaksud itu merupakan seorang pria asli Afrika bertinggi badan hampir dua meter. Jangankan untuk bergoyang Samba, untuk bermain sepak bola saja bek Blackburn ini nyaris tanpa ekspresi. Dia jauh dari kesan lincah, melainkan sosok raksasa di lini pertahanan.

Lain lagi nama bek legendaris Italia, Claudio Gentile. Dari artinya, Gentile berarti baik hati dan sopan. Tapi, dua sifat itu justru jauh dari karakter Gentile di lapangan.

Bagaimana dia menendang tubuh Maradona di Piala Dunia 1982 membuktikan jika karakternya berbanding terbalik dengan nama yang tertera di punggung. Legenda Argentina, Mario Kempes, pernah menggambarkan sosok Gentile sebagai seorang yang menyebalkan. “Jika anda pergi ke toilet, pasti anda akan menemukan sosok Gentile,” sebut Kempes seperti dikutip Goal.com.

Ada lagi nama legenda Huracan dan tim nasional Argentina, Rene Hoseman. Dari arti katanya, seseorang tentu membayangkan Rene layaknya pria pecinta keluarga seperti arti kata “House Man”. Tapi sayang, nama itu hanya sebatas melekat pada identitas bukan mentalitas. Di kesehariannya, Hoseman dikenal sebagai sosok playboy yang senang berjudi, minum minuman keras, dan bermain wanita.

Dari daratan Inggris ada nama Denis Wise. Karakter mantan kapten Chelsea ini bertolakbelakang dengan arti namanya (wise=bijak). Dia justru dikenal sebagai pria emosional yang kerap bertengkar dan melawan wasit.

Nama unik lain yang menghiasi jagad sepak bola dunia adalah Gol Gol Mebrahtu. Nama lahir Gol Gol membawanya pada takdir sebagai seorang penyerang Liga Australia yang bermain untuk Goald Coast United.

Tapi sayang, kata yang  melekat dua kali di depan namanya itu tidak membawa peruntungan di dunia nyata. Gol pun tidak pernah dilesakkan oleh si Gol Gol di Liga Australia musim lalu. Alhasil, Gol-Gol malah dikenal sebagai salah satu penyerang mandul di Liga Australia.

Ada pula nama Nicky Butt dan Danny Shittu. Untuk dua nama pemain itu, para komentator mungkin perlu hati-hati menyebutnya. Jika salah sebut, para penonton sepak bola bisa jadi akan berpikir hal lain di luar sepak bola.

Mungkin benar apa yang diucapkan Shakespare jikalau nama, khususnya para pesepak bola, tidak untuk diartikan, melainkan hanya untuk disebut. Jadi, apalah arti sebuah nama?        

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement