Selasa 28 Jun 2011 20:07 WIB

Lima BUMN Bakal Jadi Bapak Angkat Sepakbola

Ketua dan anggota Komite Normalisasi PSSI Agum Gumelar (kiri) dan Joko Driyono memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor PSSI, Jakarta.
Foto: Antara/Dhoni Setiawan
Ketua dan anggota Komite Normalisasi PSSI Agum Gumelar (kiri) dan Joko Driyono memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor PSSI, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PSSI yang saat ini kendalikan oleh Komite Normalisasi akan menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan lima BUMN yang menjadi bapak angkat cabang olahraga sepak bola itu.

Ketua Komite Normalisasi Agum Gumelar di Jakarta, Selasa mengatakan, penandatanganan MoU dengan BUMN merupakan salah satu upaya menggalang pendanaan untuk timnas yang akan berlaga dibeberapa kejuaraan.

"Tanggal 1 Juli nanti penandatangan MoU antara Komite Normalisasi dengan lima BUMN akan dilakukan," katanya usai melakukan pertemuan dengan perwakilan AFC di Kantor PSSI Senayan, Jakarta.

Menurut dia, lima BUMN yang akan menjadi sponsor atau bapak angkat cabang olahraga sepak bola itu adalah Pertamina, Semen Padang, Bukit Asam, Telkom dan Bank Mandiri.

Dengan adanya MoU, kata dia, diharapkan permasalahan dalam pendanaan timnas bisa teratasi. Apalagi timnas saat ini menghadapi beberapa kejuaraan terutama untuk mempersiapkan diri pada Pra Piala Dunia 2014.

"Pertandingan Pra Piala Dunia sudah dekat, jadi semuanya harus segera dipersiapkan. Untuk timnas SEA Games saat ini ditangani oleh Satlak PRIMA," katanya menambahkan.

Ditanya apakah timnas senior yang akan diturunkan pada Pra Piala Dunia akan tetap menggelar pertandingan uji coba internasional, Agum menegaskan bahwa program yang ada harus tetap dijalankan sesuai dengan rencana.

"Harus tetap dilaksanakan. Itu sangat diperlukan," kata mantan Ketua Umum PSSI periode 1999-2003 itu.

Sesuai dengan rencana timnas senior yang dilatih Alfred Riedl sebelum turun pada pertandingan resmi pada Pra Piala Dunia melawan Turkmenistan akan menjalani tiga kali pertandingan ujicoba internasional.

Ujicoba yang telah dijadwalkan adalah melawan timnas Singapura dan dua kali melawan timnas Thailand. Hanya saja karena pelaksanaan Kongres PSSI belum tuntas rencana itu belum dilaksanakan.

Setelah ujicoba tuntas, timnas senior akan fokus pada pertandingan Pra Piala Dunia 2014 melawan Turkmenistan, 23 Juli di Turkmenistan dan pertandingan kedua di Gelora Bung Karno Jakarta, 28 Juli nanti.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 6 4 2 0 10 7 14
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 6 3 3 0 11 6 12
5 PSM Makassar PSM Makassar 6 3 2 1 8 5 11
sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement