Ahad 24 Jul 2011 13:35 WIB

Ferguson Puas dengan Penampilan De Gea

Rep: Ratna Puspita/ Red: Djibril Muhammad
David De Gea
Foto: AP
David De Gea

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO – David de Gea tampil impresif pada debut pramusim dengan Manchester United (MU). De Gea melakukan beberapa penyelamatan gemilang ketika Setan Merah mengalahkan Chicago Fire, 3-1, pada World Football Challenge di Soldier Field, Sabtu (23/7) malam waktu setempat atau Ahad (25/7) dini hari WIB.

Arsitek MU, Alex Ferguson, mengatakan, kiper yang didatngkan dari Atletico Madrid itu menunjukan teknik yang bagus dan penampilan impresif. Ia berhasil menyelamatkan tembakan-tembakan pemain Chicago yang juga memiliki kemampuan mengolah bol dengan baik. "Saya pikir ketika dia harus melakukan sesuatu, dia terlihat nyaman," kata dia, seperti dilansir ESPN Star, Ahad (24/7).

De Gea yang mengantar timnas U-21 Spanyol menjadi kampiun di Kejuaraan Eropa diberikan liburan sehingga melewatkan dua laga uji coba MU di Amerika Serikat. Chicago menjadi ujian pertama kiper yang menjadi suksesor Edwin van der Sar itu.

De Gea hanya gagal mengamankan gawang MU ketika Cory Gibbs menyundul bol hasil tendangan bebas Marco Pappa. Bola meluncur ke gawang MU dan tuan rumah unggul pada menit 13. "Ketika mereka melesakan gol pertama, saya sempat berpikir dia seharusnya bisa menyelamatkannya. Tapi, setelah saya lihat kembali, dia memang tidak punya kesempatan melakukannya. Dari hal itu, dia melakukan segalanya dengan benar," kata Ferguson.

Apa yang dikatakan Ferguson benar. Kiper berusia 20 tahun itu melakukan tugasnya dengan baik dengan menyelamatkan seluruh enam tembakan ke arah gawang yang dilepaskan pemain-pemain Chicago.

Tapi, penyelamatan paling gemilang terjadi pada akhir babak pertama ketika gelandang Chicago, Patrick Nyarko, mengarahkan bola ke sisi kiri gawang MU. De Gea dengan refleks langsung melakukan penyelamatan dengan kakinya.

"Ketika umpan Gonzalo (Segares) datang ke arah saya, saya langsung menendangnya. De Gea melakukan penyelamatan gemilang. Saya pikir itu akan masuk dan saya berharap bola itu menjadi gol," kata Nyarko.

MU yang menurunkan pemain muda, seperti Tom Cleverley, Chris Smalling, dan Danny Welbeck, tetap tertinggal 0-1 pada babak pertama. Seusai turun minum, Ferguson memasukan Wayne Rooney dan Nani yang membuat permainan berubah.

Bola hasil sepakan Rooney berhasil menyamakan kedudukan pada menit 66. Rafael da Silva yang masuk menggantikan Smalling memaksa kiper Chicago, Josip Mikulic, memungut bola dari jalanya pada 75. Nani memanfaatkan kesalahan pemain belakang Chicago untuk melengkapi kemenangan Setan Merah delapan menit sebelum pertandingan usai.

Pujian kepada De Gea juga dialamatkan gelandang MU, Ryan Giggs. Pesepak bola asal Wales itu mengatakan, kiper yang turut mengantar Atletico juara Liga Eropa tahun lalu sangat percaya diri dan tampil bagus.

"Ia mendistribusikan bola dengan bagus. Tentu saja, dia sangat ingin membuat gawangnya tidak kebobolan, tapi tidak seperti itu hari ini," ujar dia.

De Gea yang berbahasa Spanyol masih mengalami masalah komunikasi dengan skuat klub asal Inggris tersebut. Tapi, bek MU, Patrice Evra, mengatakan, dirinya kerap membantu menjadi penerjemah. "Karena saya juga bisa berbahasa Spanyol. Saya kadang membantunya. Tapi, memang tidak mudah baginya bermain untuk MU," kata dia.

Ini adalah kemenangan ketiga MU dalam tur pramusim di Amerika Serikat dan laga kedua dalam turnamen eksebisi World Football Challenge. Kemenangan atas Chicago membuat MU bertengger di posisi kedua klasemen sementara dengan 12 poin atau tertinggal lima angka dari Real Madrid.

Klub asal Spanyol itu membukukan kemenangan ketika ketika menjungkalkan Philadelphia Union, 2-1. MU berpeluang mengejar Madrid yang sudah tidak memiliki laga sisa. Setan Merah akan menghadapi Barcelona pada ulangan final Liga Champions, di FedEx Field, Landover, 30 Juli mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement