Senin 25 Jul 2011 13:04 WIB

Tabarez: Kualifikasi Piala Dunia Lebih Sulit dari Copa America

Oscar Tabarez
Oscar Tabarez

REPUBLIKA.CO.ID,BUENOS AIRES--Menjuarai Copa Amerika adalah menakjubkan tetapi tidak menjamin keberhasilan dalam kualifikasi Piala Dunia, kata pelatih Uruguay Oscar Tabarez setelah timnya mencatat kemenangan pada Minggu. Uruguay memastikan status mereka sebagai tim terbaik di Amerika Selatan dengan kemenangan 3-0 atas Paraguay pada final Copa Amerika setelah mencapai empat besar pada Piala Dunia 2010.

"Ini sangat memuaskan, sangat bagus, tetapi rangkaian kualifikasi adalah hal lain karena tidak dimainkan pada satu venue, di mana mungkin satu-satunya yang mendapat keuntungan adalah tim tuan rumah," kata Tabarez. "Memenangi Copa Amerika tidak ada hubungannya dengan kualifikasi, tidak ada jaminan," katanya dalam temu pers di stadion Monumental milik River Plate tempat sekitar 55.000 penonton menyaksikan timnya memenangi final.

Kualifikasi Amerika selatan, yang diikuti sembilan negara, rangkaian 18 putaran yang berlangsung selama dua tahun, sudah di ambang pintu, di mulai pada Oktober. Uruguay, dua kali juara dunia pada paruh pertama abad lalu, bertahun-tahun mengalami kesulitan menghadapi kualifikasi menuju putaran final tetapi Tabarez, yang bertugas selama lima tahun, telah membangun tim yang menempatkan Uruguay kembali berada di antara negara-negara sepak bola terkemuka.

"Kami harus punya keyakinan terhadap semua milik kami, kami menyiapkan diri (untuk Copa Amerika), kami berhasil dengan baik," kata Tabarez. "Kami meningkatkan performa kami selama kompetisi. Studi yang kami lakukan menunjukkan kepada kami bahwa saat melawan Argentina kami berada dalam performa yang sangat baik," katanya mengenai kemenangan pada adu penalti melawan tuan rumah pada perempat final menyusul hasil imbang 1-1 setelah perpanjangan waktu.

"Hari ini, mungkin kami tidak sebagus pada pertandingan tersebut tetapi kami cukup baik untuk memainkan pertandingan final dengan cara kami," kata pelatih berusia 64 tahun itu. "Apa yang dikatakan studi 'scientific' adalah refleksi dari persiapan kami dan kami akan mengikuti kursus yang sama (untuk kualifikasi).

"Pada kualifikasi ada faktor jarak (yang harus ditempuh), cuaca, semuanya itu masuk ke dalam permainan dan di atas semua itu di setiap negara ada perasaan nasionalisme fans yang berubah menjadi keinginan untuk mencapai Piala Dunia dan itu bagi saya membuat semakin kompetitif dibanding Copa Amerika."

Tabarez mengatakan, memenangi trofi untuk mencetak rekor 15 kali merupakan dorongan besar bagi percaya diri tim tetapi mereka tetap akan menjejak tanah dan tidak percaya itu akan meningkatkan peluang mereka menuju Piala Dunia. "Tidak ada perbandingan dengan datang untuk bermain di Argentina atau pertandingan di Centenario (di Montevideo)... Kami tidak akan mengatakan (kepada para rival) lihat, kami memenangi Copa Amerika."

sumber : antara/reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement