Selasa 26 Jul 2011 20:35 WIB

Main di Kandang, Timnas Siap Tempur Lawan Turkmenistan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kondisi fisik pemain timnas yang dipersiapkan untuk pertandingan kedua Pra Piala Dunia 2014 melawan Turkmenistan di Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (28/7) cukup baik dan dinyatakan siap tempur. Fisioterapis timnas, Mathias Ibo di Jakarta, Selasa (26/7), mengatakan kondisi fisik pemain saat ini lebih bagus dibandingkan saat timnas akan berangkat menjalani pertandingan pertama melawan Turkmenistan di Ashgabat, Sabtu (23/7).

"Kondisi fisik pemain sudah 90 persen. Semuanya telah siap diturunkan pada pertandingan nanti," katanya usai latih timnas di Gelora Bung Karno Jakarta.

Menurut dia, sebelumnya memang ada beberapa pemain yang kondisinya tidak maksimal diantaranya adalah Hamka Hamzah. Pemain asal Persipura sebelum pertandingan pertama mengalami cedera pada ibu jari. Setelah menjalani perawatan intensif, kata dia, pemain dengan posisi back tengah itu dinyatakan sembuh dan siap untuk diturunkan. Namun, semuanya tergantung dari kebutuhan tim yang dipimpin Wim Rijsbergen.

"M. Roby tadi juga kena engkelnya. Tapi setelah diperiksa tidak ada masalah dan siap diturunkan," katanya

menambahkan.

Timnas senior dibawah asuhan Rijsbergen dan Rahmad Darmawan dua hari menjelang pertandingan digembleng dengan latihan kerja sama tim. Selain itu juga diperagakan beberapa formasi yang kemungkinan akan digunakan. Jika melihat formasi saat latihan, kemungkinan akan sama dengan saat pertandingan pertama di Ashgabat yaitu dengan menggunakan empat pemain dibarisan belakang.

Untuk posisi pemain depan tetap mengandalkan duet Christian Gonzales dan Boaz Salossa. Namun di posisi penjaga gawang terjadi penggantian dari Ferry Rotinsulu pada Markus Haris Maulana. "Kami terus mencoba mencari keseimbangan antar lini. Itu sangat diperlukan pada pertandingan nanti. Apalagi lawan mempunyai motivasi lebih untuk memenangkan pertandingan," kata asisten pelatih timnas Rahmad Darmawan.

Menurut dia, timnas diimbau tidak terlalu percaya diri. Turkmenistan pada pertandingan nanti dipastikan tidak akan menyerah begitu saja dan juga perpeluang memberikan kejutan bagi tuan rumah. Timnas Merah Putih pada pertandingan kedua ini lebih diuntungkan.

Selain bertanding dirumah sendiri dan didukung suporter, timnas juga diuntungkan dengan hasil pertandingan pertama yaitu menahan Turkmenistan 1-1. Jika minimal mampu menahan imbang 0-0 maka Bambang Pamungkas dan kawan-kawan berhak lolos ke putaran tiga Pra Piala Dunia 2014. Hanya saja manajemen termasuk masyarakat Indonesia menginginkan timnas mampu memetik kemenangan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement