Jumat 29 Jul 2011 08:29 WIB

Klinsmann Pelatih Tim Nasional AS?

REPUBLIKA.CO.ID,REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK – Legenda Jerman, Juergen Klinsmann, difavoritkan menjadi pelatih tim nasional Amerika Serikat menggantikan Bob Bradley yang dipecat, Kamis (28/7) waktu setempat atau Jumat (29/7) pagi WIB. Era lima tahun Bradley berakhir karena prestasi the Yanks dinilai stagnan pascakalah dari Meksiko pada final Piala Emas bulan lalu.

“Kami ingin berterima kasih pada Bob Bradley atas kinerja dan dedikasinya selama lima tahun terakhir. Selama lima tahun, tim kami berhasil mencatat beberapa pencapaian. Tapi, kami merasa inilah saat yang tepat untuk melakukan pergantian,” ujar Presiden Asosiasi Sepak bola AS, Suni Gulati, seperti dilansir Reuters.

Bradley mengarsiteki timnas AS sejak 2007 langsung sukses membawa the Yanks menjuarai Piala Emas 2007 di depan pendukungnya. AS juga melaju ke final Piala Konfederasi pada 2009 di Afrika Selatan. Pada Piala Dunia tahun lalu, the Yanks mengungguli Inggris untuk menjadi juara Grup C. Tapi, Landon Donovan dan kawan-kawan menyerah dari Ghana pada babak knock-out.

Posisi Bradley sebagai pelatih AS terancam setelah penampilan buruk the Yanks pada Piala Emas. AS kalah dari Panama sebelum akhirnya bisa melaju ke final. Tapi, AS gagal merengkuh gelar setelah dijungkalkan Meksiko, 4-2.

Asosiasi Sepak bola AS pun mengakhiri tiga tahun sisa kontrak dengan Bradley. “Sangat sulit membuat keputusan semacam ini, khususnya ketika melibatkan seseorang yang sangat kami hormati seperti Bob. Kami mendoakan yang terbaik untuknya,” ujar Gulati.

Gulati akan mengumumkan suksesor Bradley, Jumat atau Sabtu (30/7) WIB. Klinsmann yang mengantar Jerman ke semifinal Piala Dunia 2006 dikabarkan akan mendapatkan tugas mengawal AS ke Piala Dunia 2014 di Brasil.

Setelah meninggalkan timnas Jerman, Klinsmann sempat dikaitkan dengan Los Angeles Galaxy. Tapi, ia justru berlabuh ke Bayern Muenchen. Tahun lalu, ia ditunjuk sebagai konsultan Toronto FC. Pria yang tinggal di California ini berteman baik dengan Donovan.

Selain Klinsmann, nama lain yang juga disebut-sebut sebagai pengganti Bradley, yaitu Guus Hiddink, Marcelo Lippi, Marcelo Bielsa, Marco Van Basten, Roberto Donadoni, Jason Kreis, Sigi Schmid, dan Luis Felipe Scolari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement