Selasa 09 Aug 2011 15:41 WIB

Sembilan Klub Layak Ikuti Liga Profesional, Persija Jakarta Tidak Masuk

Djohar Arifin Husein
Foto: reuters
Djohar Arifin Husein

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Ketua umum PSSI, Djohar Arifin Husein, menyatakan saat ini ada sembilan klub yang pantas mengikuti liga profesional yang akan segera digelar oleh PSSI pada Oktober mendatang.

Seperti yang dilansir oleh Antara, sembilan tim tersebut adalah Arema Indonesia, Deltras Sidoarjo, Pelita Jaya Jawa Barat, Persib Bandung, Semen Padang, dan Sriwijaya FC Palembang. Tiga tim lainnya dari kompetisi Liga Primer Indonesia, yaitu Persema Malang, Persibo Bojonegoro dan PSM Makassar.

"Untuk tim lain bukan berati tidak layak, namun berdasarkan pengamatan saya sembilan tim itu sudah sangat layak jika masuk dalam kompetisi profesional mendatang," ujar Djohar yang saat itu menjadi narasumber kegiatan "Menapak Masa Depan Sepak Bola Indonesia" di Kota Malang, Jawa Timur.

Djohar menjelaskan kelayakan tersebut dinilai dari lima syarat yang telah ditetapkan oleh AFC yaitu aspek legal, finansial, administrasi personal, sporting dan infrastruktur. Kelima syarat yang ditetapkan oleh AFC tersebut sudah tiga tahun lalu disampaikan ke Indonesia. Namun apabila tidak dilakukan hingga 14 Oktober 2011, Indonesia terancam tidak bisa berlaga di ajang internasional.

Oleh karena itu, Djohar mengatakan format kompetisi mendatang akan diserahkan sepenuhnya pada klub apakah mengikuti ketetapan AFC atau tidak. "Kalau mengikuti, maka nantinya akan ada pembagian wilayah pula. Karena, pembagian wilayah bertujuan untuk meminimalisasi pengeluaran anggaran," paparnya. "Untuk itu, nantinya akan kita bagi dengan berbagai wilayah. Hal ini untuk menghindari borosnya anggaran pada transportasi.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement