Jumat 12 Aug 2011 13:37 WIB

Soal Naturalisasi Pemain, PSSI Tergantung Pelatih Timnas

Djohar Arifin Husein
Foto: reuters
Djohar Arifin Husein

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Ketua umum PSSI, Djohar Arifin Husein, menegaskan induk organisasi sepakbola nasional itu tidak akan melakukan jemput bola dalam penyelesaian proses naturalisasi pemain blasteran. Dalam masa kepengurusannya empat tahun ke depan, ia ingin meletakkan fondasi sistem pembinaan pemain dan akan diwariskan kepada kepengurusan PSSI berikutnya.

“Masih ada puluhan ribu pemain lokal yang memiliki prospek bagus untuk tim nasional untuk kita bina. Karena itu, saya tidak akan lagi menjemput bola dalam menaturalisasi pemain asing,” tegas Djohar.

Kendati demikian, lanjut Djohar, PSSI tidak akan menutup pintu bagi pemain naturalisasi yang ingin memperkuat tim nasional di masa mendatang. Hanya saja, semua itu diserahkan kepada pelatih.

“Kalau ada pemain yang sedang diproses (naturalisasi), teruskan saja. Kalau ada pemain keturunan lain yang dianggap bagus, kami serahkan kepada pelatih yang bersangkutan untuk mengusulkannya. Semua tergantung pelatih,” kata Djohar.

Saat ini ada sejumlah pemain yang sedang menjalani proses naturalisasi, yakni Sergio van Dijk, Stefano Lilipaly, Tonnie Cusell, Victor Igbonefo dan Greg Nwokolo.

sumber : www.goal.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement