Selasa 23 Aug 2011 10:40 WIB

'Pele Berkulit Putih' Sepakat Latih Timnas Irak

Rep: Ratna Puspita/ Red: Didi Purwadi
Zico
Foto: www.guardian.co.uk
Zico

REPUBLIKA.CO.ID,RIO DE JANEIRO - Legenda sepakbola Brasil, Zico, sepakat menjadi pelatih Irak pada kualifikasi Piala Dunia 2014. Pria yang dijuluki sebagai ‘Pele berkulit putih’ ketika masih aktif bermain ini menyatakan dirinya segera meresmikan kesepakatan tersebut dalam surat kontrak.

“Semua sudah disepakati. Saya dan pengacara saya sudah mengirimkan draft kontrak ke Irak. Semua berjalan baik-baik saja sepanjang saya ketahui. Hanya menunggu penandatangan kontrak saha,” kata Zico kepada Reuters, Selasa (23/8).

Mantan gelandang Brasil itu akan memimpin juara Asia 2007 itu melaju ke putaran final Piala Dunia yang dihelat di negaranya. Pada babak ketiga Pra-Piala Dunia (PPD) 2014, Irak tergabung di Grup A bersama Cina, Yordania, dan Singapura.

Zico mengatakan, draft kontrak yang diajukan ke Irak berisi dua opsi, yaitu melatih selama kualifikasi Piala Dunia atau hingga putaran final di Brasil pada 2014.

“Mereka berpikir proyek jangka panjang dan saya pikir kami harus melakukannya hingga 2014,” kata dia. Mantan pelatih Jepang pada Piala Dunia 2006 di Jerman ini juga akan bertanggung jawab terhadap membangun program skuat muda Irak.

Pria berusia 58 tahun ini mengatakan sangat termotivasi dengan kesempatan ini dan tidak khawatir dengan aksi kekerasan yang kerap terjadi di Irak. Zico direncanakan terbang Baghdad pada Kamis (25/8) dengan membawa staf kepelatihannya, termasuk kakaknya, Edu, dan pelatih fisik, Moraci Sant’anna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement