Ahad 28 Aug 2011 22:22 WIB

Menang di Spa, Vettel Semakin Sulit Dikejar

Rep: Ratna Puspita/ Red: cr01
Pembalap Red Bull, Sebastian Vettel, meloncat di podium usai menjuarai Grand Prix F1 di sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, Ahad (28/8).
Foto: AP
Pembalap Red Bull, Sebastian Vettel, meloncat di podium usai menjuarai Grand Prix F1 di sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, Ahad (28/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SPA – Pembalap Red Bull Racing, Sebastian Vettel, melaju kencang untuk membuka peluang mempertahankan gelar juara dunia. Vettel memenangi pada balapan seri Belgia, di Sirkuit Spa-Francorchamps, Ahad (28/8). Mark Webber finish di peringkat kedua untuk memberikan Red Bull Racing finish satu-dua.

Ini merupakan kemenangan pertama Vettel sejak seri Valencia, Juni lalu. Vettel yang mencatat tujuh kemenangan dari 12 balapan musim ini nyaman di posisi puncak klasemen sementara. Ia unggul 92 poin dibandingkan Webber.

Vettel yang menempati pole melakukan start dengan baik. Tapi, pembalap asal Jerman ini harus bertarung dengan Nico Rosberg, Lewis Hamilton, hingga Fernando Alonso, sebelum kembali memimpin lomba. Vettel mempertahankan posisi terdepan setelah Hamilton mengalami kecelakaan dan membuat safety car masuk ke dalam lintasan.

Vettel menyelesaikan lomba dengan catatan waktu satu jam 26 menit 44,893 detik atau unggul 4,2 detik dari Webber. Sedangkan pembalap McLaren, Jenson Button, yang start dari posisi 13 berhasil merangsek dengan berada di peringkat ketiga.

Button yakin dirinya dapat bersaing untuk merengkuh kemenangan bila tidak tertahan pada tikungan pertama pada awal lomba. Meski demikian, ia tetap menikmati balapan tersebut. "Ini finish yang sangat bagus karena saya berada di podium," katanya.

Fernando Alonso sempat memberikan ancaman untuk meraih kemenangan di Spa. Sayangnya, ban yang aus membuat pembalap Ferrari asal Spanyol itu harus puas bertengger di posisi keempat.

Rosberg sempat mengungguli Vettel pada awal lomba. Sayangnya, pembalap Mercedes ini hanya memimpin hingga lap ketiga. Vettel menggunakan DRS untuk kembali mengendalikan balapan pada trek lurus Kemmel. Rosberg pun harus puas finish di urutan keenam atau di belakang rekan setimnya, Michael Schumacher.

Nasib nahas harus diterima Lewis Hamilton. Pembalap McLaren ini kehilangan kesempatan untuk merengkuh podium setelah mengalami kecelakaan pada lap 12. Mobil Hamilton bersenggolan dengan pembalap Sauber, Kamui Kobayashi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement