Senin 05 Sep 2011 18:16 WIB

PSSI Belum Tetapkan Format Kompetisi

Logo PSSI (ilustrasi)
Foto: duniaku.net
Logo PSSI (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Erwin D Budiawan mengatakan, PSSI belum memutuskan format kompetisi musim depan, dengan masih berjalannya tahapan verifikasi klub yang berhak mengikuti liga profesional mendatang.

"Kami masih menunggu hasil penilaian dari AFC terkait verifikasi klub yang berhak mengikuti liga profesional musim depan, karena dengan hasil penilaian itu baru kita baru tahu berapa klub yang bisa ikut kompetisi dan sekaligus bisa menentukan format yang terbaik,," terang Erwin dihubungi di Samarinda, Senin.

 

Pernyataan Erwin itu sekaligus meluruskan wacana yang telah berkembang bahwa komite kompetisi yang ditunjuk oleh exco PSSI telah mengeluarkan keputusan terkait format kompetisi mendatang, yang salah satunya terkait klub yang telah lolos verifikasi dan rencana pembagian kompetisi menjadi dua wilayah. "Itu hanya wacana saja, karena mengacu pada statuta PSSI memang format kompetisi harus diputuskan oleh Exco bukan oleh komite kompetisi," tegas Erwin.

Erwin juga membeberkan, bahwa konsep awal verifikasi klub yang berhak mengikuti kompetisi berdasarkan rapat exco terakhir yang menjadi prioritas adalah klub ISL, dan baru kemudian klub dibawahnya seperti Divisi Utama, Divisi I dan seterusnya berdasarkan rangking dari hasil verifikasi dengan pertimbangan yang rasional berdasarkan aturan statuta. "Pada rapat exco terakhir saya mengusulkan bahwa prioritas pertama verifikasi adalah klub-klub ISL, baru kemudian divisi utama dan seterusnya menyesuaikan dengan aturan yang berlaku," kata Erwin.

Seandainya tim ISL lolos semua dari proses verifikasinya, maka tim-tim itulah yang bakal menempati kompetisi untuk level paling atas. Sedangkan sisanya seperti klub Divisi Utama dan seterusnya berada di kompetisi level kedua "Bila ada tim ISL yang tidak lolos verifikasi maka posisinya akan digantikan oleh tim yg terdegradasi dari ISL sebelumnya atau dilihat dari peringkat divisi utama musim lalu," papar Erwin.

Dalam pemikiran Erwin, format kompetisi ISL musim lalu sudah cukup bagus, hanya saja dalam beberapa hal perlu adanya pembenahan-pembenahan menuju arah yang lebih profesional. "Artinya format kompetisi tahun lalu tidak harus dirombak total karena PSSI juga harus memperhatikan sejarah kompetisi dan menghargai klub-klub yang telah bermain dikompetisi tersebut," tegas Erwin mengakhiri.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement