Selasa 18 Oct 2011 16:33 WIB

Irfan Bachdim Terancam Sanksi Dilarang Bermain Enam Bulan

Irfan Bachdim
Irfan Bachdim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pesepak bola Ifran Bachdim terancam mendapatkan sanksi berat dari Komite Disiplin (komdis) PSSI, setelah mangkir dari pemusatan latihan timnas U-23 yang diproyeksikan turun pada SEA Games 2011 di Tanah Air, pada 11-22 Oktober nanti.

Wakil Ketua Komdis Catur Agus Saptono di Jakarta, Selasa (18/10) mengatakan, sanksi berat kepada pemain keturunan Indonesia-Belanda yang dinilai mangkir masuk pemusatan latihan, itu telah tertuang pada kode disiplin pasal 78.

"Akan dikenalkan sanksi enam bulan tidak boleh berkecimpung dalam sepak bola serta denda sekurang-kurangnya Rp 100 juta," katanya usai bertemu dengan Irfan Bachdim.

Menurut dia, sebelum sanksi benar-benar dikenakan pada pemain Persema Malang, terlebih dahulu akan dilakukan sidang komdis yang akan dihadiri seluruh anggota komdis PSSI di bawah pimpinan Bernhard Limbong. Materi yang akan dibawa ke sidang komdis, kata dia, salah satunya hasil pertemuan dengan Irfan Bachdim di Kantor PSSI.

Selain itu, juga masukan dari pelatih Rahmad Darmawan juga akan menjadi pertimbangan. "Hasil pertemuan ini akan saya laporkan dulu ke ketua komdis. Namun, semua keputusannnya ada pada Pak Limbong, apakah bisa dibawa ke sidang komdis atau tidak. Saya hanya sebatas meminta keterangan saja," tuturnya.

Ia menjelaskan, saat dimintai keterangan, Irfan Bachdim mengaku meminta maaf atas apa yang telah dilakukannya. Pemain kelahiran Belanda itu, mengaku tetap ingin memperkuat timnas dalam berbagai pertandingan internasional termasuk SEA Games 2011.

Keseriusan Irfan Bachdim untuk tetap masuk timnas terlihat saat timnas U-23 menjalani latihan di Gelora Bung Karno, Jakarta. Pemain dengan posisi penyerang itu terlihat duduk di tepi lapangan dan melakukan komunikasi dengan pelatih Rahmad Darmawan.

Irfan Bachdim sejak pelatnas U-23 baru mengikuti satu kali pelatihan dan uji coba saat timnas menghadapi Persikab Kabupaten Bandung. Setelah itu, suami Jennifer Kurniawan itu mangkir dari latihan yang salah satunya menjalani syuting iklan.

Saat timnas melakukan uji coba melawan Persiba Bantul, Ahad (16/10), Irfan Bachdim juga mangkir, sehingga pelatih Rahmad Darmawan mengeluarkan pernyataan keras yaitu mengeluarkannya dari skuat timnas U-23 dan menyerahkan kasusnya ke PSSI.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement