Selasa 01 Nov 2011 19:40 WIB

Pemain Barcelona Terbanyak Masuk Nominasi Ballon d'Or 2011

Iniesta, Messi dan Xavi
Iniesta, Messi dan Xavi

REPUBLIKA.CO.ID, Dua pesepakbola yang selama ini sering digaungkan sebagai yang terbaik di dunia, Lionel Messi (Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (Real Madrid), sukses menembus daftar 23 nama nominasi yang disortir untuk meraih FIFA Ballon d'Or 2011.

Hal menarik dari daftar tersebut adalah dominasi negara juara Piala Dunia 2010, Spanyol, yang menempatkan tujuh punggawa mereka sebagai kandidat. Sementara itu, juara Copa America 2011, Uruguay, harus puas hanya diwakili oleh Luis Suarez dan Diego Forlan.

Jerman mengirim tiga utusan, yakni Thomas Muller, Mesut Ozil, dan Bastian Schweinsteiger, sementara Prancis, Brasil, seperti juga negara asal Messi (Argentina) dan Ronaldo (Portugal), serta Uruguay, mengutus dua pemain.

Satu-satunya pemain non-Amerika Selatan ataupun Eropa adalah striker Anzhi Makhachkala, Samuel Eto'o, yang berasal dari negara Afrika, Kamerun. Inggris dan Belanda juga hanya punya satu representatif, yaitu Wayne Rooney (Manchester United) dan Wesley Sneijder (Inter Milan).

Kalau berdasarkan kategori negara Spanyol meraja, maka jika ditinjau dari klub Barcelona yang mencuat sebagai dominator dengan delapan wakil. Seteru abadi Los Blaugrana, Madrid, menyusul dengan lima anggota skuad yang merumput di Santiago Bernabeu.

23 nama ini bakal dikembali diciutkan menjadi tiga finalis saja yang akan diumumkan pada 5 Desember mendatang oleh FIFA dan majalah France Football. Sedangkan sang pemain terbaik dunia 2011 bakal resmi dipilih pada 9 Januari 2012 di Zurich Kongresshaus.

Tahun lalu, Messi didapuk meraih penghargaan terhormat tersebut, mengalahkan dua finalis lain yang kebetulan rekan seklubnya, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez.

Berikut daftar lengkap 23 nama nominasi: Eric Abidal (Barcelona/Prancis); Karim Benzema (Real Madrid/Prancis); Sergio Aguero (Manchester City/Argentina); Lionel Messi (Barcelona/Argentina); Iker Casillas (Real Madrid/Spanyol); Cesc Fabregas (Barcelona/Spanyol); Andres Iniesta (Barcelona/Spanyol); Gerard Pique (Barcelona/Spanyol); David Villa (Barcelona/Spanyol); Xabi Alonso (Real Madrid/Spanyol); Xavi Hernandez (Barcelona/Spanyol); Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Portugal); Nani (Manchester United/ Portugal); Dani Alves (Barcelona/Brasil); Neymar (Santos/    Brasil); Samuel Eto'o (Anzhi Makhachkala/Kamerun); Diego Forlan (Inter Milan/Uruguay); Luis Suarez (Liverpool/Uruguay); Thomas Muller (Bayern Munchen/Jerman); Bastian Schweinsteiger (Bayern Munchen/Jerman); Mesut Ozil (Real Madrid/Jerman); Wayne Rooney (Manchester United/Inggris); Wesley Sneijder (Inter Milan/ Belanda).

sumber : Goal.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement