Rabu 02 Nov 2011 15:34 WIB

Timnas Sulit Deteksi Kekuatan Kamboja

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Didi Purwadi
Rahmad Darmawan
Rahmad Darmawan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Rahmad Darmawan, pelatih timnas U23 Indonesia, tidak ingin sesumbar bahwa timnya akan mampu menaklukkan Kamboja di laga perdana SEA Games 2011. Karena, menurut Rahmad, peta kekuatan persepakbolaan kelompok umur di Asia Tenggara itu sulit diterka.

"Saya kira semua tim di tingkatan U-23 ini punya kesempatan yang sama. Kita bisa lihat Laos dua tahun lalu yang bisa menaklukkan kita. Karena itu, kita wajib mewaspadai tim manapun termasuk Kamboja," kata Rahmad.

RD, sapaan akrab Rahmad, bahkan lebih mewaspadai potensi kejutan Kamboja. Ini karena kekuatan Kamboja sulit dideteksi jajaran pelatih timnas. Berbeda dengan Singapura, Malaysia, ataupun Thailand yang sudah dikantongi titik kekuatannya oleh staf pelatih.

"Kamboja yang paling tidak kami ketahui kekuatannya," ujar RD.

Dalam kesempatan itu, Rahmad juga menekankan pentingnya memainkan sepak bola simple. Para pemain perlu lebih banyak memainkan bola dari kaki ke kaki ketimbang aksi individu yang kerap mubazir. ''Kita ingin pemain main efisien. Satu sama lain saling mendukung sehingga  tidak perlu menguras fisik," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement