Kamis 03 Nov 2011 08:22 WIB

Gol Ronaldo Antar Madrid ke Babak 16 Besar Liga Champions

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Real Madrid mengakhiri sejarah buruk di Stade de Gerland, setelah Cristiano Ronaldo menyumbangkan dua gol kemenangan atas Lyon pada Rabu, yang membuat Madrid mengunci posisi mereka di babak knock out Liga Champions.

Tendangan bebas Ronaldo membuat Madrid memimpin di babak pertama. Kemudian eksekusi penaltinya di menit ke-69, menjadi gol ke-100nya untuk Madrid setelah ia bergabung dua tahun silam.

Kedua gol Ronaldo tersebut juga memberi Madrid kemenangan perdana dalam lima pertandingannya di Lyon, sekaligus mempertahankan rekor sempurna setelah empat pertandingan di Grup D.

Dengan 12 poin, mereka kini tak mungkin dikejar oleh Lyon dan Dinamo Zagreb - yang kalah 0-4 dari Ajax Amsterdam di pertandingan Grup D lainnya - dan kemenangan atas Zagreb di Santiago Bernabeu pada akhir bulan ini, akan membuat pasukan Jose Mourinho lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup. "Semua hal malam ini adalah untuk mendapatkan 12 poin, dan mengamankan posisi bagi putaran selanjutnya," kata Mourinho.

"Sekarang tujuannya adalah memastikan kami memenangi grup, sesuatu yang akan, secara teori, memberi kami sedikit keuntungan di putaran selanjutnya. Kami berada di jalan yang benar, jalan yang sama seperti ketika kami kalah tahun lalu, ketika kami tampil baik di babak grup, dan mencapai semifinal."

Sementara Lyon masih berpeluang memperpanjang catatan selalu lolos dari babak grup yang sudah bertahan selama sembilan tahun, andai mereka mampu menekuk tamunya di pertandingan selanjutnya, Ajax. "Saya pikir dengan sedikit keberuntungan di babak kedua, kami semestinya dapat meraih hasil imbang malam ini," kata pelatih Lyon, Remi Garde.

"Real sangat kuat, tim hebat yang dipenuhi individu bertalenta bagus, namun bagi kami tujuannya jelas - kami ingin mencapai putaran selanjutnya, dan dengan memenangi dua pertandingan, kami akan melakukannya."

Daya serang Lyon berkurang ketajamannya karena dua pemain andalannya, Michael Bastos dan Lisandro Lopez sedang cedera. Mereka pun kesulitan mengembangkan permain di 30 menit babak pertama.

Mantan pemain Lyon, Karim Benzema, nyaris membuat tim tamu unggul di menit kesepuluh. Namun tembakan Benzema masih belum menemui sasaran. Bagaimanapun, dengan ketidak mampuan Lyon melayani permainan Madrid dan tekanan tanpa henti, gol baru tercipta di menit ke-24.

Benzema yang dijatuhkan di luar kotak, membuat wasit memberi hadiah tendangan bebas. Eksekusi Ronaldo melewati pagar hidup pemain-pemain Lyon, dan menembus sudut kanan bawah gawang Hugo Lloris.

Situasi dapat bertambah buruk bagi Lyon, namun Lloris mampu menyelamatkan ancaman dari Benzema. Ronaldo yang lolos dari perangkap off side memberi umpan pada Benzema, yang gagal dimaksimalkan.

Pada awal babak kedua, Lyon memberi tanda melakukan perlawanan. Tembakan spekulasi Kim Kallstrom hampir mengejutkan kiper Iker Casillas, Sebelumnya, Casillas juga menggagalkan peluang yang dimiliki Yoann Gourcuff.

Di saat menguasai keadaan, Mourinho harus memerhatikan ketidakmampuan pasukannya memaksimalkan kesempatan. Ederson, pemain Brazil yang diturunkan sebagai pemain utama, dua kali mendapat peluang bagus. Namun dua kali upayanya masih mampu digagalkan Casillas.

Di menit ke-69, wasit menunjuk titik putih karena Ronaldo dijatuhkan di kotak terlarang. Ronaldo sendiri yang menjadi eksekutor, mengeksekusi penalti dengan sempurna.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement