Jumat 09 Dec 2011 13:34 WIB

Sriwijaya FC Minta Pengurus PSSI Jangan Arogan

Rep: Maspril Aries/ Red: Djibril Muhammad
Pemain Sriwijaya FC saat menggelar sesi latihan. (ilustrasi)
Foto: Antara/Prasetyo
Pemain Sriwijaya FC saat menggelar sesi latihan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG - Presiden klub Sriwijaya FC Dodi Reza Alex meminta para pengurus PSSI tidak bersikap arogan dalam mengambil kesimpulan yang berkaitan dengan masalah kisruh yang tengah terjadi di kancah sepak bola nasional.

"Para pengurus PSSI yang menjadi otoritas sepak bola tertinggi di tanah air harus bersikap elegan dan arif menyikapi masalah terjadi, bukan memperkeruh suasana. Termasuk sikap pengurus PSSI yang ditujukan kepada Sriwijaya FC," kata Dodi Reza Alex, Jumat (9/12).

Sebelumnya PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) selaku manajemen Sriwijaya FC memutuskan mengikuti dua kompetisi, yaitu Indonesia Premier League (IPL) dan Indonesia Super League (ISL) sekaligus dengan membentuk dua tim berbeda. Sedangkan PSSI menolak Sriwijaya FC bergabung dalam kompetisi IPL.

"Sebagai induk olahraga seharusnya PSSI dan pengurusnya bersikap bijaksana dan elegan dengan mencoba memahami pengurus klub mengambil keputusan seperti itu? Ajak pengurus klub bicara baik-baik. PSSI juga jangan terlalu mencampuri masalah internal klub, terutama mengenai keputusan seperti apa yang harus diambil klub dalam menyikapi konflik yang terjadi," tutur Dodi yang juga anggota Komisi VI DPR.

Presiden klub Sriwijaya FC itu mengingatkan agar pengurus PSSI berkonsentrasi menyelesaikan masalah di internal PSSI dan memikirkan bagaimana caranya agar konflik yang terjadi sekarang tidak terus berkepanjangan serta bagaimana memajukan sepak bola Indonesia?

Terhadap pernyataan pengurus PSSI agar Sriwijaya FC memilih antara IPL atau ISL, menurut Dodi, "Pilihan akan bermain di kompetisi mana? Itu sepenuhnya adalah hak klub. Apalagi sampai menyarankan mengganti nama jika memang ingin mengikuti keduanya. Coba lihat, selain Sriwijaya FC ada beberapa klub lain yang mengikuti IPL dan ISL, mereka  tidak berganti nama, tetapi tidak pernah diprotes, Ini sikap yang aneh," katanya menegaskan.

Direktur Keuangan PT SOM Augie Bunyamin merasa heran dengan sikap PSSI yang ditujukan kepada Sriwijaya FC tersebut. "Semakin hari para pengurus PSSI tidak henti-hentinya membuat kontroversi. Wajar saja kalau banyak Pengda (pengurus daerah) PSSI dan klub yang menginginkan agar terjadi kongres luar biasa," imbuhnya

Untuk bertanding di IPL menurut Dodi, Sriwijaya FC akan membentuk tim berkualitas dan siap bersaing dengan tim-tim peserta IPL lainnya. "Ketua Kompetisi dan PSSI seharusnya jangan arogan, lihat dulu kualitas tim Sriwijaya SF yang berlaga di IPL," katanya.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement