Senin 09 Jan 2012 19:22 WIB

Bekuk Deltras, Persipura Bayangi Sriwijaya FC

Rep: Muhammad Ghufron / Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA - Persipura Jayapura berhasil menekuk tim tamu Deltras Sidoarjo dengan skor 2-1, Senin (9/1). Kemenangan itu, meraup tiga poin dari The Lobster --julukan Deltras-- dan membayangi posisi Sriwijaya FC dengan 13 poin dalam puncak  klasemen Liga Super Indonesia (LSI).

Pasukan Mutiara Hitam itu selangkah lebih dekat dengan tahta kepemimpinan LSI yang pekan lalu sempat dikuasainya. Ambisi itu, telah diperlihatkan tim sebelum pertandingan dilangsungkan.

Sang arsitek Persipura, Jacksen F. Tiago sempat menegaskan bahwa tim akan mengerahkan kemampuan maksimal saat berlaga di markas besarnya, Stasion Mandala, Kota Jayapura, Papua. 

Terbukti, ambisi dari sang pelatih Jacksen F. Tiago dan tim dapat tereksekusi dalam laga ke-6 Persipura di LSI. Tempo permainan tinggi pun disajikan Mutiara Hitam dalam menyambut Deltras dari awal berjalannya pertandingan.

Pada babak pertama, Persipura sempat dikejutkan dengan beberapa serangan dari Deltras Sidoarjo. Bahkan, tim besutan Jorg Peter Steinebrunner itu sempat unggul terlebih dahulu lewat lesakan bola dari Juan Revi yang berhasil merobek gawang Yoo Jae-Hoon pada menit ke-28. Hasil 0-1 pun bertahan hingga turun minum.

Tak mau kalah, pada babak kedua Persipura memperlihatkan ritme permainan yang berbeda. Jalan permainan pun didominasi tuan rumah. Para pemain mengkombinasikan serangan dari sisi sayap yang secara berangsur-angsur mengurung lini pertahanan Deltras.

Gedoran pertahanan itu pun membuahkan hasil. Pada menit ke-75, tim Mutiara Hitam berhasil menyamakan kedudukan lewat hantaman gol dari gelandang asal Malaysia, Zah Ranan, setelah memanfaatkan umpan matang dari striker Beto Goncalves.

Layaknya tim tuan rumah yang tak ingin menuai kekalahan, Persipura berhasil mengalahkan Deltras Sidoarjo dengan gol penentu striker mungil Lukas Mandowen pada menit ke-86. Skor 2-1 pun bertahan hingga peluit panjang wasit Hady Suroso dibunyikan.

Merebut tiga poin dari kemenangan melawan Deltras, Persipura mengemas 13 poin dan berhasil menggeser PSPS Pekanbaru yang beberapa waktu lalu bertengger di posisi kedua klasemen sementara. Poin yang diraih Persipura pun serupa dengan Sriwijaya FC yang menang dengan selisih gol saat mengalahkan Arema 5-1 di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 6 4 2 0 10 7 14
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 6 3 3 0 11 6 12
5 PSM Makassar PSM Makassar 6 3 2 1 8 5 11
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement