Kamis 19 Jan 2012 22:13 WIB

Selamat Datang di Piala Afrika 2012

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Hafidz Muftisany
logo piala afrika 2012
logo piala afrika 2012

REPUBLIKA.CO.ID, BATA -- Sabtu, 21 Januari ini pandangan dunia akan tersedot ke Afrika guna menyaksikan aktor lapangan sepak bola dunia bersaing memperebutkan supremasi di “benua hitam”.

Walau gengsinya boleh jadi masih jauh dibanding Piala Eropa, namun Piala Afrika dijamin akan memberikan tontonan sepak bola kelas wahid. Nama Drogba, Seydou Keita, dan Demba Ba, memberi jaminan kualitas yang akan dihadirkan dalam kejuaraan yang akan berakhir pada 12 Febrauri di Stade Angondje Gabon itu.

Belum juga turnamen tergelar, masing masing kontestan mulai pasang ambisi. Didier Drogba contohnya yang yakin Piala Afrika kali ini akan menjadi takdir bagi negaranya juara. Kepada BBC dia berujar “Piala Afrika nanti dipastikan akan diserbu banyak pendukung Pantai Gading. Itu tentunya akan jadi keuntungan tersendiri bagi kami,” ujar Drogba yang merujuk lokasi turnamen yang terbilang dekat dengan wilayah negaranya.

Pernyataan Drogba ini mewakili ambisi Pantai Gading yang dianggap memiliki peluang terbaik untuk juara. Selain Drogba, Pantai Gading juga akan diperkuat bintang-bintangnya termasuk Salomon Kalou, Yaya Toure, serta penyerang Arsenal Gervinho. Drogba cs tentunya ingin membalaskan momen pahit di Piala Afrika 2006, di mana mereka harus kalah di final atas tuan rumah Mesir lewat drama adu penalti.

Selain Pantai Gading, masih ada Ghana, tim terbaik Afrika di Piala Dunia 2010. Perempatfinalis Piala Dunia Afrika Selatan ini akan datang dengan kekuatan terbaik, termasuk penyerang Sunderland, Asamoah Gyan. “kami memang dalam kondisi yang baik. Tapi kalau berbicara unggulan, maka pantai Gading pantas dikedepankan,” kata gelandang senior the Black Star, Michael Essien seperti dikutip Goal.com.

Di luar dua kesebelasan yang dijagokan bersua di final itu, masih ada Senegal, Mali, Tunisa, serta Maroko yang diunggulkan di Piala Afrika jilid ke 28 ini.

Negara papan atas sepak bola benua hitam justru gagal tampil di Piala Afrika 2012. Juara bertahan sekaligus peraih titel piala Afrika terbanyak, Mesir, harus absen akibat gagal di babak kualifikasi. Pun Halnya, kamerun, Nigeria, dan Aljazair yang dikenal memiliki bakat-bakat kulit bundar kelas wahid.

Absennya Negara kekuatan lama di Afrika praktis menandakan kemunculan baru kekuatan sepak bola Afrika. Negara seperti Equitorial Guinea, Sudan, Bostwana, Burkina Faso, Niger, serta Zambia pun siap mengejutkan dunia dengan bakat sepak bolanya.

Jadi, selamat datang di Piala Afrika 2012.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement